Ini 6 Lokasi Pertama yang Bakal Dapat Internet 5G Telkomsel

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 May 2021 16:00
[TOPIK] 5G (1100x429)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate mengkonfirmasi operator seluler Telkomsel sedang melakukan uji layak operasi (ULO) internet 5G dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pos dan Informatika (Kominfo).

Uji Coba 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane.

Johnny mengatakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO untuk memastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas layanan yang memadai.


Nah, apabila seluruh proses ULO teknologi 5G oleh Telkomsel ini sudah selesai dan dinyatakan lulus, Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching di Jakarta di 6 lokasi residential Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra dan Alam Sutera.

"Sedangkan untuk kota lainnya akan dilakukan di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Balikpapan. Dan akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya," terang Johnny dalam pesan singkat kepada CNBC Indonesia, Rabu (19/5/2021).

5G merupakan teknologi seluler generasi selanjutnya yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari generasi sebelumnya dalam hal mencakup mencakup mengunduh (download) data ke perangkat dan latensi (kelambatan).

5G akan memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini. Pengguna 5G dapat menikmati kecepatan unduhan pada gigabit per detik (Gb/s), jauh lebih besar dari puluhan megabit per detik (Mb/s) kecepatan 4G.

Kominfo sendiri sudah menyiapkan rencana kehadiran jaringan 5G di Indonesia melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.2 tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020-2024. Beleid ini dirilis pada 25 Februari 2021.

Dalam aturan tersebut disebutkan jaringan 5G tahap awal akan tersedia di 6 Provinsi di Pulau Jawa. Yakni, Bandung, Jakarta, Banten, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

"Pemilihan lokasi 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G adalah karena 6 lokasi tersebut dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur," tulis beleid tersebut seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu(14/4/2021).

"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sesudahnya layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi-lokasi lain."

Selanjutnya implementasi 5G dilakukan pada 5 lokasi destinasi wisata super prioritas. Meliputi Labuhan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobodur (Jateng). Sementara sisanya adalah ibu kota negara (IKN) baru dan satu industri manufaktur.

"Jika tidak ada perubahan kebijakan dari Presiden RI terkait dengan timeline rencana pemindahan IKN, ditargetkan pada 2024, IKN telah 100% ter-cover jaringan serat optik dan layanan mobile seluler 4G, serta siap mengimplementasikan teknologi 5G," terang Kominfo.

Bicara timeline, 6 ibu kota provinsi di Jawa dan 5 destinasi wisata super prioritas akan mendapatkan jaringan internet 5G pada 2023. Sementara Ibu kota baru dan satu industri manufaktur pada 2024.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading