Kapan Seluruh RI Dapat Internet 5G? Ini Kata Menkominfo

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 May 2021 16:55
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (dok: Detik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia segera masuk ke era 5G, namun masih secara bertahap. Lalu kapan seluruh Indonesia diselimuti jaringan cepat itu?

Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan deployment 4G dan 5G tidak sama. Menurutnya, jaringan ini menjadi revolusi industri telekomunikasi.

"Sehingga kita harus melakukannya berhati-hati di banyak aspek," kata Johnny, dikutip dari kanal youtube Kementerian Kominfo, Senin (24/5/2021).


Pertama adalah melibatkan permodalan yang sangat besar. Selain itu ada aspek yakni peta jalan dan ekosistem khususnya di pemerintah daerah.

Dia mengatakan 5G membutuhkan infrastruktur yang sangat banyak dan rapat. Contohnya adalah banyaknya Base Transceiver Station atau BTS.

"Aspek legal lainnya, payung hukum melibatkan kecepatan transmisi data, latensi rendah, yang berkaitan dengan transmisi dan pergerakan data, yang harus jaga dengan baik dan literasi masyarakat lebih baik," jelasnya.

Selain itu adalah ada aspek keamanan dan resiliensi.Terakhir adalah kesiapan ekosistem itu sendiri, terpenting adalah pasar, yakni kesiapan masyarakat untuk menggunakannya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan belum ada yang tahu waktu pastinya. Namun kemungkinan 5G butuh waktu lebih sebentar dari 4G.

Ini disebabkan teknologi yang semakin canggih akan semakin cepat juga implementasi. Begitu juga yang kemungkinan akan terjadi pada 5G.

"4G dari 2014 sekarang 2021 sudah masif. 4G butuh 6 tahun, 5G butuh waktu lebih pendek," kata Setyanto.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading