Telkomsel Bicara Kehebatan Jaringan 5G Bagi Penggunanya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 May 2021 18:25
Gambar Konten, 5G

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel secara resmi meluncurkan jaringan 5G. Salah satu kehebatannya adalah soal kecepatan yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya.

"Terkait dengan kecepatannya bisa mendukung kecepatan data 100 kali lipat dibanding 4G. Bahkan sampai 20Gbps," kata Director of Network Telkomsel, Nugroho di The Telkom Hub, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Selain itu juga 5G menawarkan latensi super rendah alias ultra low latensi. Dia mengatakan jika 5G mewujudkan sesuatu yang sebelumnya tidak masuk akal. Misalnya di China yang sudah mengembangkannya sejak 2019 dengan 300 juta pelanggan.


"Use case yang digunakan adalah misalnya operasi tanpa melibatkan manusia. Harapannya dapat menolong banyak nyawa," ujar Nugroho. "Mimpi-mimpi sebagian diwujudkan teknologi 5G."

Jaringan 5G akan tersedia di 26 klaster dengan total 9 kota. Wilayahnya tersebar dari wilayah barat hingga timur Indonesia. Area yang berada dalam penggelaran kali ini berada di pusat keramaian dan juga pemukiman.

"Pemahaman kami area tersebut potensial membutuhkan layanan maju seperti 5G," ungkap Nugroho.

Telkomsel akan mengadakan 5G pada pita frekuensi 2,3 Ghz dengan lebar 30 Mhz, jadi akan digelar 2300-2330 Mhz. Untuk bisa menikmati layanan ini pengguna tidak perlu mengganti SIM Card jika sudah mendukung 4G. Namun pengguna perlu membeli ponsel yang mendukung 5G.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Operator Seluler Lain Mau Selenggarakan 5G? Ini Aturannya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading