Round Up

Telkomsel Hadirkan 5G di RI, Era Internet Ngebut Segera Tiba

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 May 2021 06:56
Infografis: Ada 13 Wilayah yang Bakal Dapat Jaringan 5G, Internet Ngebut!

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia telah masuk ke era 5G. Telkomsel membuka gerbang era itu telah mengantongi izin commercial operation permit dari Kementerian Kominfo.

"Commercial operation permit diberikan pada 21 Mei 2021. Melalui Dirjen PPI Kominfo telah mengeluarkan keterangan laik operasi layanan 5G kepada Telkomsel," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate dalam Konferensi Pers pada Senin (24/5/2021).

Dia mengatakan ijin tersebut menandai satu perkembangan signifikan dan pencapaian penting untuk gelaran teknologi telekomunikasi.


Telkomsel akan menyelenggarakan 5G pada pita frekuensi 2,3 Ghz. Lebar pitanya adalah 30 MHz jadi akan digelar 2300 MHz-2330 MHz.

"Dengan izin ini Telkomsel menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan 5G dan akan diluncurkan pada 27 Mei 2021 yang dapat dinikmati secara terbatas dan bertahap," kata dia.

Selain itu, ijin pada Telkomsel juga menandakan Indonesia masuk ke era jaringan 5G. Pengeluarannya akan dilakukan secara bersamaan dengan 4G nantinya.

"Penggelaran 5G juga menandai bahwa mulai saat ini Indonesia memasuki tahapan simultan operasi 4G dengan 5G," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan ijin tersebut jadi milestone penting bagi pihaknya. Dia mengatakan ini jadi tanda Telkomsel bisa menggelar 5G secara komersial secara undang-undang.

Setyanto mengatakan ini juga jadi penanda Telkomsel selalu jadi yang terdepan penyelenggaraan layanan telekomunikasi dan digital Indonesia.

"Karena ini menandai diperbolehkannya secara undang-undang Telkomsel untuk menggelar 5G secara komersial kepada seluruh masyarakat," kata Setyanto.

Menurutnya, keputusan Kominfo itu jadi amanah dengan begitu Telkomsel memberikan kemudahan layanan para pelanggan. Selain itu bisa memajukan ekonomi digital di Indonesia dan berkompetisi di dunia.

Lokasi Pertama 5G

Pada 27 Mei 2021 nanti, Telkomsel akan meluncurkan layanan 5G. Layanan tersebut akan tersedia di wilayah Jabodetabek dan daerah lainnya di tanah air.

Untuk Jabodetabek, akan ada di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera. Menurut Setyanto jaringan 5G akan tersedia di seluruh residensial lokasi tersebut.

"6 lokasi coverage di residential, tidak hanya mall tapi residential sasaran residential seluruh Kelapa Gading misalnya," kata Setyanto.

Jaringan 5G Telkomsel juga kan hadir di Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, SUrabaya, Makassar dan Bandung. Ke depannya, Telkomsel juga akan terus mengembangkan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Seiring dengan penyerapan implementasi dari network yang tersedia keekonomian terus mengembangkan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Setyanto juga mengatakan pengguna 5G Telkomsel tidak perlu mengganti Sim Card. Cukup menggunakan yang lama asal sudah menggunakan 4G.

Bagaimana dengan harga? Walaupun tak menyebut pasti, Setyanto menjanjikan harga paket data akan terjangkau serta memiliki layanan terbaik. Dia juga masih belum mau mengungkapkan paket yang akan ditawarkan nanti.

"Kami akan memberikan layanan yang terbaik. Tentu saja secara kualitas, speed (kecepatan), latensi maupun secara kapasitas jauh lebih baik dari 4G. Dengan harga yang affordable," jelas Setyanto.

5G merupakan teknologi seluler generasi selanjutnya yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari generasi sebelumnya dalam hal mencakup mencakup mengunduh (download) data ke perangkat dan latensi (kelambatan).

5G akan memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini. Pengguna 5G dapat menikmati kecepatan unduhan pada gigabit per detik (Gb/s), jauh lebih besar dari puluhan megabit per detik (Mb/s) kecepatan 4G.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Operator Seluler Lain Mau Selenggarakan 5G? Ini Aturannya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading