Cegah Kejahatan Kloning-Skimming ATM, Ini Deretan Tips OJK!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 May 2021 20:29
Instagram @OjkIndonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

Sebab itu, untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan, serta menjaga kerahasiaan data pribadi.

"Waspada potensi kejahatan yang bisa terjadi seperti kloning dan skimming," tulis OJKdalam keterangan resminya, di akun Instagram resmi, @ojkindonesia.


[Gambas:Instagram]

OJK menegaskan, jika mengalami kendala, segera hubungi layanan kontak bank yang konsumen gunakan.

"Kamu bisa mengunjungi website resmi Bank terkait untuk mengetahui nomor teleponnya. Untuk informasi dan pengaduan konsumen sektor jasa keuangan dapat menghubungi Kontak OJK 157 melalui telepon 157, layanan whatsapp 081 157 157 157 atau melalui portal kontak157.ojk.go.id @kontak157," tulis OJK.

Berikut tips yang diberikan oleh Sekar Putih Djarot, Juru Bicara OJK, dalam keterangan resminya.

Sekar mengatakan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan, serta menjaga kerahasiaan data pribadi.

NEXT: Waspada Potensi Kejahatan

Tips Cegah Kejahatan Siber di Rekening Bank
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading