Soal Duit Rp128 Juta Raib, Bank Mandiri Tegaskan Tak Diganti!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 May 2021 11:05
Gedung Bank Mandiri

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyebutkan kehilangan dana nasabah atas nama Asrizal Askha merupakan transaksi yang sah karena dilakukan menggunakan kartu debit Mandiri dan PIN yang sesuai.

Dengan demikian, bank BUMN menegaskan perusahaan tidak akan melakukan penggantian atas kehilangan dana yang dialami oleh nasabah tersebut.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Atturidha mengatakan Mandiri prihatin dan menyesalkan kejadian kehilangan yang dialami oleh nasabah tersebut.


"Berdasarkan investigasi internal, transaksi yang disanggah merupakan transaksi yang sah dengan Kartu Mandiri Debit dan PIN yang sesuai sehingga Bank Mandiri tidak bertanggung jawab dan tidak dapat memberikan penggantian atas dana yang hilang tersebut," kata Rudi dalam keterangannya, Senin (24/5/2021).

Dia menjelaskan, bahwa berdasarkan rekaman keterangan yang disampaikan nasabah kepada call center, nasabah tersebut menjadi korban kejahatan dengan modus penukaran kartu debit dan penguasaan PIN karena kartu debit yang dipegang nasabah berbeda dengan kartu debit yang terdaftar di Bank Mandiri.

Sedangkan kartu yang dipakai bertransaksi tidak lagi dalam penguasaan nasabah.

"Kami juga telah menyampaikan dan menindaklanjuti permasalahan tersebut kepada nasabah dan pihak terkait lainnya."

"Kami menghimbau kepada seluruh nasabah Bank Mandiri untuk menjaga kartu Mandiri Debit Anda dan kerahasiaan nomor PIN dan tidak menginformasikannya ke siapapun juga, termasuk orang-orang yang mengaku karyawan Bank Mandiri," jelas dia.

Kejadian ini terjadi ketika nasabah tersebut akan melakukan penarikan dana di ATM Mandiri pada 6 Februari 2021. Sepengetahuannya, dia saat itu memiliki dana sebesar Rp 128 juta di rekeningnya, namun ketika akan melakukan penarikan, dana yang dimilikinya tak bersisa sama sekali.

Setelah itu dia melaporkan hal tersebut kepada call center Mandiri. Namun berdasarkan keterangan dari call center tersebut, transaksi yang dilakukan oleh nasabah tersebut sah karena transaksi penarikan dan dilakukan menggunakan nomor kartu yang sama dengan yang digunakan oleh nasabah.

Selanjutnya pada 8 Februari 2021, nasabah mendatangi kantor Bank Mandiri cabang Melawai, Jakarta Selatan. Petugas bank menyarankan nasabah untuk melakukan penggantian kartu dan ATM dengan alasan ada dana yang masuk di waktu yang sama dan diminta untuk menunggu hasil investigasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bidik Laju Kredit 10-12%, Bos Bank Mandiri Fokus 3 Jurus Ini!


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading