Catat Nih Gaes! Berikut Cara Aktifkan Ponsel 5G di Indonesia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 June 2021 18:20
A visitors walks past a 5G sign during Mobile World Congress in Barcelona, Spain, February 28, 2017. REUTERS/Eric Gaillard

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia akhirnya memasuki era 5G sejak akhir bulan lalu. Namun, masyarakat perlu melakukan beberapa hal untuk bisa menggunakan jaringan tersebut.

Dimulai dari ponsel yang harus mendukung 5G. Sejauh ini baru Telkomsel yang sudah memiliki dukungan untuk jaringan itu dan ponsel yang kompatibel dengan frekuensi M40 (2300 Mhz-2400Mhz).

Pengaturan ponsel juga harus diganti. Untuk Samsung, caranya yakni dengan masuk ke Settings lalu klik Connections dan tekan Mobile Networks, dikutip dari laman helpforsmartphone.

Selanjutnya tekan Network Mode dan pilih pilihan jaringan yang diinginkan. Untuk 5G pilihannya akan tersedia di bagian paling atas.



Sementara itu untuk kartu SIM, pengguna 4G tak perlu lagi menggantinya. Hal ini cukup berbeda dari migrasi 3G ke 4G di mana masyarakat diminta untuk menggunakan kartu SIM.


Khusus untuk daerah, tak semua wilayah telah terjangkau oleh 5G. Telkomsel baru menggelar di beberapa kota saja, yakni Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung. Lalu juga ada di sejumlah wilayah di kawasan Jabodetabek.

Berikut wilayah 5G di Jabodetabek:
1. Alam Sutera: Kunciran Mas, Griya Sutera, dan Sutera lavender.
2. BSD: Boulevard BSD, Puspita Loka CLuster, dan Provence Parland.
3. Kelapa Gading: Gading Pandawa, Gading Harmony, dan Villa Gading Indah.
4. Pantai Indah Kapuk (PIK): Bukit Gold Mediterania, Komplek Johar, dan Golf Coast PIK.
5. Pondok Indah: Pondok Indah Town House dan Perumahan Pondok Indah.
6. Widya Chandra: Komplek Widya Chandra dan Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra.

Unlock ponsel 5G
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading