Ini Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama, Jangan Sampai Terlewat

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 June 2021 09:50
Ilustrasi ATM (Image by Sebastian Ganso from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mewajibkan untuk menggunakan kartu debit berbasis chip pada awal tahun depan. Artinya pengguna kartu magnetic strip harus segera melakukan pergantian kartu.

Aturan tersebut tertuang dalam dalam Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Pemblokiran sendiri sudah ditetapkan batas waktunya. Namun berbagai bank Indonesia juga menentukan jadwal dan juga tempat mengganti kartu magnetic stripe itu.

Jika lewat dari batas waktu, pihak bank akan melakukan pemblokiran pada kartu ATM berbasis magnetik.

Berikut jadwal penukaran kartu debit magnetik untuk BRI, Mandiri dan BCA, dikutip dari laman resmi perusahaan, Selasa (1/6/2021):

BRI
BRI menjadwalkan akhir penukaran kartu magnetik hingga 31 Desember 2021. Penukaran itu bisa dilakukan di unit kerja yang ada di seluruh Indonesia.

Nasabah perlu membawa kartu identitas dan kartu ATM BRI magnetic stripe saat akan melakukan penukaran. BRI tidak memungut biaya pada penukaran kartu ini.

Bank Mandiri
Bank Mandiri membuka program penukaran Cleaning Mandiri. Program ini sudah dimulai sejak April 2021 lalu dan pemblokiran dilakukan berdasarkan expiry date kartu.

Misalnya mulai Selasa hari ini, Mandiri akan memberlakukan Blokir untuk kartu dengan expiry date 2023-2025. Sementara pada 1 Juli mendatang yakni untuk 2026-2030. Sebelumnya pada 1 April lalu, kartu 2021-2022 sudah diblokir.

Bagi nasabah yang ingin mengganti kartunya hanya perlu mendatangi kantor cabang terdekat. Penukaran bisa dilakukan dengan membawa kartu ATM lama dan kartu identitas diri.

BNI
Sementara itu BNI membuka kesempatan nasabah yang memiliki kartu magnetic stripe untuk menukarkannya hingga 31 November 2021 mendatang.

Penukaran bisa dilakukan secara gratis. Nasabah bisa mendatangi kantor cabang terdekat dan BNI SONIC atau Self Service Opening Account yang melayani selama 24 jam.

BCA
BCA akan memblokir kartu magnetic stripe pada 1 Januari 2022. Artinya sebelum tahun 2021 berakhir, Nasabah BCA masih punya kesempatan untuk melakukan penukaran.

Ada dua pilihan tempat untuk melakukan penukaran yakni lewat customer service atau CS Digital, layanan untuk melakukan transaksi perbankan terkait dengan layanan dalam satu mesin secara Self Service di kantor cabang.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading