Sekarang Ganti Kartu ATM Bank Tinggal Tempel KTP di Mesin

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 October 2021 13:45
Infografis: ATM Lama Mandiri-BNI-BRI-BCA Bakal Diblokir, Ini Deadlinenya!

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia mewajibkan nasabah bank pengguna kartu ATM magnetic stripe (ATM lama) untuk ganti ke ATM chip paling lambat 31 Desember 2021. Bila tidak akan kartu tersebut tak bisa buat bayar transaksi.

Untuk mengganti kartu ATM ke chip kini lebih mudah karena sejumlah bank sudah menyediakan CS Machine. Jadi tidak perlu antre di costumer service bank. Beberapa bank bahkan menyediakan CS Machine di pusat perbelanjaan jadi tak perlu ke kantor cabang bank lagi.

CS Machine merupakan layanan digital yang dihadirkan perbankan bagi penggunanya. Dengan membawa KTP elektronik dan surat pendukung lainnya nasabah sudah bisa membuka rekening dan mengganti kartu ATM lama ke chip atau mengganti kartu ATM yang hilang.


Berikut daftar Bank yang menghadirkan CS Machine untuk mengganti kartu ATM seperti dikutip dari laman resmi bank, Senin (11/10/2021):

Bank Mandiri

Bank Mandiri menyediakan Mesin CS Machine Bank Mandiri Bekasi Juanda, Senayan City Mall, Jakarta Mall Pondok Indah, Kota Kasablanka Mall dan Kantor Cabang Bank Mandiri Depok.

Untuk mengganti kartu ATM, nasabah perlu menyiapkan KTP elektronik, ATM yang masih bisa digunakan, PIN kartu ATM. Bagi yang kartunya hilang harus mengetahui nomor rekening yang digunakan kartu ATM. Penggantian kartu ATM diberikan secara cuma-cuma atau gratis.

Bank BCA

BCA menamai layanan ini CS Digital. BCA memiliki 100 lebih layanan CS digital yang ditempatkan di kantor cabang dan tempat publik. Misalnya, Gunsa 45, Wisma Millenia, ASEMKA, Wisma Asia, hingga Menara Imperium.

Syaratnya, nasabah atau calon nasabah hanya perlu membawa KTP elektronik sebagai alat verifikasi untuk transaksi di mesin CS Digital.

BNI

BNI memberi nama layanan ini BNI Digi CS. Layanan ini juga bisa ditemukan di kantor cabang bank BNI dan beberapa gedung-gedung yang bisa diakses publik. Syaratnya masih sama tinggal bawa KTP elektronik saja.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading