Jadwal Pemblokiran Kartu ATM BRI, Mandiri, BNI, & BCA

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
29 May 2021 13:10
Ilustrasi ATM Link Aja. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) telah mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis chip pada akhir 2021 lalu.

Berbagai bank di Indonesia pun sudah menentukan batas waktu penggunaan kartu debit berbasis magnetic stripe dan memiliki batas waktu yang berbeda terhadap layanan penukaran kartu.

Apabila lewat dari batas waktu penukaran, maka pihak bank akan melakukan penonaktifan kartu ATM berbasis magnetik.


Berikut jadwal batas akhir penukaran kartu debit magnetik menjadi berbasis chip di bank BRI, Mandiri, BNI, dan BCA:

1. BRI

BRI memberikan batas akhir penukaran kartu debit magnetik menjadi cip hingga 31 Desember 2021. Adapun penukaran kartu ATM BRI lama dapat dilakukan di unit kerja BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mekanisme penukaran kartu ATM tidak dikenakan biaya, alias gratis. Nasabah hanya perlu membawa kartu ATM BRI magnetic stripe dan kartu identitas.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri melakukan penukaran kartu debit magnetik ke dalam tiga tahap. Tahap pertama, penukaran mulai dilakukan pada 1 April 2021 untuk kartu magnetik dengan tanggal kadaluarsa 2021-2022.

Tahap kedua, penukaran akan mulai dilakukan pada 1 Juni 2021 untuk kartu magnetik dengan tanggal kadaluarsa 2023-2025.

Tahap ketiga, penukaran akan mulai dilakukan pada 1 Juli 2021 untuk kartu magnetik dengan tanggal kadaluarsa 2026 ke atas.

Syarat penukaran, nasabah Bank Mandiri hanya perlu mendatangi kantor cabang terdekat dan membawa kartu ATM lama beserta kartu identitas.

Halaman Selanjutnya >> BNI & BCA

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading