Jadwal Lengkap Pemblokiran Kartu ATM Lama Bank Mandiri

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 April 2021 15:15
Nasabah menukar kartu ATM visa menjadi GPN Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (30/7). Bank Indonesia (BI) dan perbankan menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Kegiatan penukaran kartu pada 30 Juli-3 Agustus 2018. Pekan penukaran kartu berlogo GPN merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018. Kartu berlogo GPN diharapkan untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Mandiri telah memulai program pemblokiran kartu debit Magnetic Stripe sejak hari ini. Program Cleansing Mandiri Debit Magnetic Stripe ini memiliki tiga jadwal pemblokiran tergantung expiry date pada kartu.

Berikut jadwal pemblokiran kartu ATM lama Bank Mandiri, dikutip dari laman resmi Bank Mandiri, Kamis (1/4/2021).

  1. Kartu dengan expiry date 2021-2022 diblokir 1 April 2021
  2. Kartu dengan expiry date 2023-2025 diblokir 1 Juni 2021
  3. Terakhir, untuk kartu expiry date 2026-2030 diblokir 1 Juli 2021

Nasabah Bank Mandiri pemegang kartu magnetic stripe didorong untuk melakukan penukaran kartu sebelum tanggal pemblokiran tersebut. Pihak Bank menyebutkan akan menginformasi soal penggantian kartu lewat WhatsApp, SMS dan email blast yang terdaftar di Bank Mandiri.


Bagi pemegang kartu magnetic stripe yang tidak menggantinya maka akan otomatis terblokir secara permanen. Kartu juga tidak bisa digunakan dalam transaksi apapun, termasuk untuk pengganti password log-in mandiri online.

Bank Mandiri juga akan mengirimkan informasi bagi nasabah terdampak program ini juga lewat WhatsApp, SMS dan email blast yang terdaftar.

Untuk tetap bisa bertransaksi, nasabah diminta untuk mengganti kartu magnetic stripe ke kartu berbasis chip di cabang Mandiri terdekat.

Pihak bank menyebutkan penggantian ke kartu debit chip memiliki tujuan meningkatkan keamanan transaksi. Ini dilakukan baik untuk nasabah, toko hingga bank sendiri.

Dalam laman resminya, Bank Mandiri menyebutkan kartu debit chip relatif lebih aman jika dibandingkan dengan magnetic stripe. Ini dapat mengurangi resiko pencurian data serta transaksi skimming yang mungkin akan dialami nasabah.

Sebagai catatan, ada kartu magnetic stripe Bank Mandiri yang tidak perlu diganti. Kedua kartu tersebut adalah kartu bansos dan tani.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading