Wow! Nilai Transaksi Gojek dan Tokopedia Tembus Rp 308 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 May 2021 18:20
Gojek dan Tokopedia Bentuk GoTo (Dok. GoTo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Entitas gabungan Gojek dan Tokopedia, GoTo Grup mengungkap nilai transaksi raksasa teknologi Indonesia ini pada 2020.

Dalam keterangan resminya, disebutkan total nilai transaksi dalam kedua platform ini atau Grup Gross Transaction Valuse (GTV) mencapai US$22 miliar. Bila dirupiahkan menggunakan kurs 14.000 maka nilainya mencapai Rp 307 triliun.

Manajemen juga mengungkapkan ada 1,8 miliar transaksi di platform Tokopedia dan Gojek sepanjang tahun lalu. Dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.


"Ekosistem [perusahaan] mencapai 2% dari PDB (produk domestik bruto) Indonesia)," ungkap manajemen GoTo, seperti dikutip Senin (17/5/2021).

Untuk pengembangan bisnis GoTo akan memanfaatkan potensi besar ekonomi terbesar Indonesia dan terus fokus pada pasar yang tumbuh cepat dan berkembang di mana Gojek sudah beroperasi.

"Pembentukan GoTo Group, dengan layanan pengiriman yang luas dan cepat serta penetrasi yang dalam, berarti pengiriman e-commerce di hari yang sama semakin dekat untuk menjadi norma di Indonesia," ungkap manajemen.

Selain itu GoTo juga akan mengembangkan lebih lanjut pembayaran dan penawaran layanan keuangannya untuk memberikan pengalaman keuangan yang lebih baik kepada konsumen, pengemudi, dan pedagang sambil memperluas jangkauan ke kelompok 140 juta orang yang memiliki sedikit atau tidak ada akses ke sistem keuangan negara.

Dalam perusahaan baru ini, Andre Soelistiyo akan didapuk sebagai CEO GoTo Group dan Pacrick Cao sebagai President GoTo. Kevin Aluwi sebagai CEO Gojek dan Wiliam Tanuwijaya sebagai CEO Tokopedia.

Andre juga akan terus memimpin pembayaran dan layanan keuangan, di bawah merek baru GoTo Financial, yang mencakup GoPay serta penawaran layanan pedagang dan keuangan Grup.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading