Andre Soelistyo Bos GoTo, Startup Merger Gojek dan Tokopedia

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 May 2021 17:20
Andre Soelistyo (CNBC.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gojek dan Tokopedia resmi merger. Penggabungan kedua perusahaan ini akan menggunakan nama GoTo. Andre Soelistyo ditunjuk sebagai CEO baru GoTo.

Selain Andre Soelistyo, ada Patrick Cao yang jadi President GoTo. Kevin Aluwi jadi CEO Gojek dan William Tanuwijaya tetap jadi CEO Tokopedia. Andre Soelistyo juga didapuk sebagai CEO GoTo Financial, lini usaha yang akan membawahi GoPay dan layanan keuangan yang menyasar masyarakat unbankable (sedikit akses ke perbankan).

Laporan Bloomberg dengan mengutip pernyataan sejumlah sumber mengatakan Andre Soelistyo memiliki tugas berat untuk mengejar valuasi perusahaan US$40 miliar dan menjadi pertumbuhan perusahaan, seperti dikutip Senin (17/5/2021).


Hubungan Andre Soelistyo dengan Gojek dimulai saat dia bekerja dengan perusahaan ekuitas Northstar Group, yang merupakan investor awal Gojek. Ia bergabung dengan Gojek pada 2015. Pada 2019 ia bersama Kevin Aluwi diangkat sebagai co-CEO Gojek.

Di Gojek, Andre Soelistyo disebut telah telah mempelopori diversifikasi Gojek ke layanan konsumen dan ikut membantu penggalangan dana lebih dari US$5 miliar dari investor termasuk Google, Tencent Holdings, Astra Internasional, hingga Warburg Pincus.

Pada 2020, total nilai transaksi bruto Grup (GTV) sudah lebih dari US $ 22 miliar pada tahun 2020. Lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020. Total armada pengemudi terdaftar lebih dari dua juta pada Desember 2020. Lebih dari 11 juta mitra pedagang per Desember 2020. Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (MAU).

Dalam postingan Instagramnya, pendiri sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menjelaskan asal usul nama GoTo. Menurutnya GoTo merupakan singkatan nama Gojek dan Tokopedia dan juga berasal dari Gotong-royong yang menjadi semangat di balik persatuan itu.

"Hari ini menjadi hari yang sangat bersejarah di dunia teknologi. Dua perusahaan teknologi terbesar di Indonesia telah resmi bersatu dalam satu payung yang sama bernama GoTo. GoTo berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia, juga berasal dari kata gotong-royong, yang merupakan semangat di balik persatuan ini," tulis William Tanuwijaya di akun Instagram miliknya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading