Dahsyat! Gojek-Tokopedia Merger Kuasai 2% PDB RI

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 May 2021 12:59
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis pertama kepada driver Gojek di Kemayoran, Jakarta, Kamis (29/4/2021). Halodoc dan Gojek berkolaborasi hadirkan pos pelayanan Covid-19 melalui metode Drive thru dan melayani 1.500 dosis vaksin setiap harinya untuk memperkuat upaya Kementerian Kesehatan RI dalam mempercepat Vaksinasi Covid-19 di Indonesia.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gojek dan Tokopedia secara resmi mengumumkan penggabungan (merger) kedua perusahaan. Nama baru perusahaan GoTo Group.

GoTo Group akan menjadi startup terbesar di Indonesia dari sisi valuasi yang menggabungkan bisnis jasa transportasi, logistik, pengiriman makanan, jasa keuangan, hingga e-commerce.

"Ekosistem GoTo mencakup 2% dari PDB Indonesia akan berkembang, melayani 270 juta konsumen Indonesia serta pasar lain yang tumbuh cepat dan berkembang di Asia Tenggara," ungkap GoTo Group dalam keterangan resminya, Senin (17/5/2021). Indonesia sendiri memiliki PDB lebih dari US$1 triliun.


Kesepakatan didukung oleh investor besar termasuk Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital India, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

Berdasarkan penggalangan dana yang telah dilakukan perusahaan, Gojek dan Tokopedia telah mengumpulkan dana investor sebesar US$18 miliar.

Pada 2020, total nilai transaksi bruto Grup (GTV) sudah lebih dari US $ 22 miliar pada tahun 2020. Lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020. Total armada pengemudi terdaftar lebih dari dua juta pada Desember 2020. Lebih dari 11 juta mitra pedagang per Desember 2020. Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (MAU).

Dalam penggabungan kedua startup raksasa ini. Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan Gojek.Davis Polk & Wardwell LLP and Assegaf Hamzah & Partners sebagai penasihan Gojek. Citi bertindak sebagai penasihat keuanganTokopedia. Allen & Overy LLP sebagai penasihat hukum Tokopedia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading