Gojek-Tokopedia Merger, William Tanuwijaya Jelaskan Nama GoTo

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 May 2021 16:10
Founder and CEO of Indonesian e-commerce firm Tokopedia, William Tanuwijaya, gestures as he talks during an interview at Tokopedia headquarters in Jakarta, Indonesia, July 25, 2019. Picture taken July 25, 2019. REUTERS/Willy Kurniawan

Jakarta, CNBC Indonesia - Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan merger kedua startup hari ini (17/5/2021). Perusahaan baru tersebut akan bernama GoTo. Dari mana asal usulnya?

Melalui postingan Instagramnya, pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya menjelaskan asal usul nama GoTo. Menurutnya GoTo merupakan singkatan nama Gojek dan Tokopedia dan juga berasal dari Gotong-royong yang menjadi semangat di balik persatuan itu.

"Hari ini menjadi hari yang sangat bersejarah di dunia teknologi. Dua perusahaan teknologi terbesar di Indonesia telah resmi bersatu dalam satu payung yang sama bernama GoTo. GoTo berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia, juga berasal dari kata gotong-royong, yang merupakan semangat di balik persatuan ini," tulis William Tanuwijaya di akun Instagram miliknya, dikutip Senin (17/5/2021).


"Gabungan Gojek dan Tokopedia dengan kekuatan visi dan misi yang begitu kuat, akan benar-benar mampu mendorong kemajuan bangsa."

Penggabungan Gojek dan Tokopedia akan menghasilkan perusahaan baru yang mengarap bisnis jasa transportasi, pengiriman makanan, jasa keuangan, logistik hingga e-commerce.

Dalam perusahaan baru ini, Andre Soelistiyo akan didapuk sebagai CEO GoTo Group dan Pacrick Cao sebagai President GoTo. Kevin Aluwi sebagai CEO Gojek dan Wiliam Tanuwijaya sebagai CEO Tokopedia.

Andre juga akan terus memimpin pembayaran dan layanan keuangan, di bawah merek baru GoTo Financial, yang mencakup GoPay serta penawaran layanan pedagang dan keuangan Grup.

Berdasarkan penggalangan dana yang telah dilakukan perusahaan, Gojek dan Tokopedia telah mengumpulkan dana investor sebesar US$18 miliar.

Pada 2020, total nilai transaksi bruto Grup (GTV) sudah lebih dari US $ 22 miliar pada tahun 2020. Lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020. Total armada pengemudi terdaftar lebih dari dua juta pada Desember 2020. Lebih dari 11 juta mitra pedagang per Desember 2020. Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (MAU).

Dalam penggabungan kedua startup raksasa ini. Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan Gojek.Davis Polk & Wardwell LLP and Assegaf Hamzah & Partners sebagai penasihat Gojek. Citi bertindak sebagai penasihat keuangan Tokopedia. Allen & Overy LLP sebagai penasihat hukum Tokopedia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading