Ketika Satu Cuitan Twitter Elon Musk Kendalikan Harga Bitcoin

Tech - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
18 May 2021 07:40
Infografis/ Kena Prank Elon Musk, Investor Kripto 'Rugi' Rp 5.183 T/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga Bitcoin jeblok pada perdagangan Minggu (16/5/2021), penyebabnya lagi-lagi Elon Musk. CEO Tesla Inc. ini ibarat bandar di dunia saham, bahkan lebih "sakti" lagi, ia bisa membuat harga bitcoin melesat atau jeblok hanya dengan satu kicauan di Twitter.

Melansir data Refinitiv, harga bitcoin pada hari Minggu anjlok hingga 8,65% ke US$ 44.055,38/BTC. Level tersebut merupakan yang terendah sejak 1 Maret lalu.

Jebloknya bitcoin merespon kicauan Elon Musk yang hanya berisi satu kata saja "indeed" atau "tentunya". Kicauan tersebut merupakan balasan dari pernyataan Mr. Whale melalui akun Twitter @CryptoWhale.


"Para pecinta bitcoin akan menampar dirinya sendiri pada kuartal selanjutnya ketika mereka tahu Tesla menjual sisa bitcoin yang dimiliki. Dengan banyaknya kebencian yang didapat @elonmusk, saya tidak akan menyalahkannya," kicau Mr. Whale



Kicauan tersebut dibalas Elon Musk hanya dengan kata "tentunya", harga bitcoin pun rontok.

Kebencian yang dikatakan Mr. Whale terjadi akibat harga bitcoin yang anjlok tajam pada pekan lalu.

Pada Rabu (13/5/2021) pekan lalu, Elon Musk dengan kicauannya sempat membuat bitcoin sempat jeblok hingga lebih dari 17%.

Saat itu Elon Musk melalui akun Twitternya mengatakan akan menghentikan penggunaan bitcoin dalam pembelian mobil Tesla. Alasannya, penambangan bitcoin memicu peningkatan penggunaan bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan.

"Tesla telah menangguhkan pembelian kendaraan menggunakan Bitcoin. Kami prihatin dengan peningkatan pesat penggunaan bahan bakar fosil untuk penambangan dan transaksi Bitcoin, terutama batu bara, yang memiliki emisi terburuk dari bahan bakar apa pun," kicau Elon Musk.

Jebloknya harga bitcoin tersebut tentunya merugikan bagi investor lainnya, terutama investor ritel yang bisa dikatakan "ikut-ikutan" tren mata uang kripto. Harga yang meroket gila-gilaan membuat masyarakat awam mendadak menjadi investor kripto guna mencari cuan jumbo.

Ketika harga jeblok, maka kebencian lah yang didapat dari para investor dadakan. Apalagi yang membeli bitcoin ketika harga sedang di pucuk. Rekor tertinggi harga bitcoin berada di US$ 64.899,97/BTC dicapai pada 14 April lalu, sementara Minggu kemarin mengakhiri perdagangan di US$ 44.055,36/BTC, artinya harga bitcoin anjlok lebih dari US$ 20.000 atau lebih dari 32% dalam tempo waktu sebulan.

Siapa yang tidak kesal jika nilai investasinya anjlok hingga 30% gara-gara kicauan satu orang saja?

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Elon Musk Bikin Harga Bitcoin Naik-Turun Sesuka Hati

Elon Musk Bikin Harga Bitcoin Naik-Turun Sesuka Hati
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading