Elon Musk Lagi-Lagi Bikin Bitcoin Nanjak, Bakal Pecah Rekor?

Tech - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
27 April 2021 17:45
FILE PHOTO: Bitcoin (virtual currency) coins placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, are seen in this illustration picture, November 6, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga bitcoin melesat lagi dalam 2 hari terakhir, penyebabnya lagi-lagi Elon Musk. Mata uang kripto paling populer ini sebenarnya dalam tren menurun bahkan merosot sejak mencapai rekor tertinggi sepanjang masa US$ 64.899,97/BTC pada 14 April lalu, tetapi cuitan Elon Musk di Twitter sekali lagi membuat harganya terdongkrak.

Senin kemarin, bitcoin menyentuh level US$ 47.000/BTC, artinya dari rekor tertinggi sepanjang masa harganya jeblok lebih dari 27% dalam kurun waktu kurang dari 2 pekan.

Namun, setelah mencapai US$ 47.000/BTC, harga bitcoin berbalik menguat 6,6%, dan berlanjut hari ini pada pukul 16:28 WIB ke US$ 54.613,87/BTC, atau menguat 2,5%. Artinya dalam 2 hari terakhir, hingga sore ini bitcoin sudah menguat 9,1%.


Melalui akun Twitternya, Elon Musk mengatakan ia tidak pernah menjual bitcoin yang dimiliki. Hal tersebut kembali memicu aksi beli bitcoin sehingga harganya melesat lagi.

Cuitan Elon Musk tersebut merupakan balasan atas tuduhan Dave Portnoy, pendiri Barstool Sport, yang mengatakan Musk menjual bitcoinnya dan menambah kekayaannya.



"Jadi apakah yang saya pahami ini benar? Elon Musk membeli bitcoin, kemudian dipom-pom. Harga bitcoin naik. Lalu ia menjualnya dan menghasilkan kekayaan" cuit Portnoy.

Cuitan tersebut kemudian dibalas oleh Elon Musk.

"Tidak, kamu salah. Saya tidak pernah menjual bitcoin saya. Tesla menjual 10% dari kepemilikan untuk membuktikan likuiditas bitcoin sebagai alternatif uang tunai dalam neraca," cuit Elon Musk.

Pelaku pasar mengintepretasikan cuitan tersebut jika Elon Musk secara pribadi memiliki bitcoin, tidak hanya perusahaannya Tesla.

Hingga saat ini, belum diketahui seberapa banyak Elon Musk memiliki bitcoin secara pribadi. Menurut hedge fund global pendiri SkyBridge Capital Anthony Scaramucci, Elon Musk dan perusahaannya secara kumulatif memiliki dana lebih dari US$5 miliar dalam bentuk Bitcoin.

Seperti diketahui, Tesla memiliki US$ 1,5 miliar bitcoin, berarti sisanya dimiliki SpaceX dan Elon Musk secara pribadi.

"Elon Musk tidak hanya membeli bitcoin melalui Tesla. Saya mengerti jika SpaceX juga memiliki bitcoin di neracanya. Elon Musk memiliki lebih dari US$ 5 miliar bitcoin melalui Tesla, SpaceX, dan secara pribadi," cuit Scaramucci pertengahan Maret lalu.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mereka yang Cuan Dari Tesla Elon Musk Beli Bitcoin Rp 21 T


(pap/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading