Pipa BBM AS Setop Gegara Dihack, FBI Ungkap Biang Keladinya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 May 2021 10:30
Panjang pipa yang diletakkan untuk dipasang  di bawah tanah di sepanjang Mountain Valley Pipeline yang sedang dibangun di dekat Elliston, Virginia, AS 29 September 2019. REUTERS / Charles Mostoller

Jakarta, CNBC Indonesia - FBI mengumumkan telah mendapatkan pelaku di balik peretasan jaringan Colonial Pipeline. Kelompok Dark Side dikatakan sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Dark Side merupakan kelompok penjahat siber yang dikenal telah meretas sejumlah perusahaan di wilayah AS dan Eropa, dikutip dari laman Reuters, Selasa (11/5/2021).

Pada Jumat (7/5/2021) lalu, para peretas membobol jaringan pipa bahan bakar minyak (BBM) terbesar di AS. Aksi tersebut berhasil membuat sistem saluran pipa Colonial offline, sehingga membuat sistem jalur pipa utama ditutup.


Pada hari Minggu, perusahaan mengatakan sedang bekerja mengembangkan rencana membuka kembali sistem pipa.

"Hal itu akan membuat sistem penuh kami kembali online hanya jika kami yakin aman untuk melakukannya, dan sepenuhnya mematuhi persetujuan dari semua peraturan federal," ujar pihak perusahaan.

Colonial Pipeline menyebutkan juga sedang memulihkan sistem TI yang terdampak. Dalam pernyataannya, perusahaan mengatakan dalam 48 jam terakhir telah ada tindakan pencegahan tambahan untuk memantau lebih lanjut dan melindungi keselamatan serta keamanan jaringan pipa.

Serangan siber itu membuat pemerintah AS bekerja ekstra selama akhir pekan lalu. Gedung Putih membentuk kelompok kerja antar lembaga menyiapkan sejumlah skenario.

Laporan CNN Internasional mengutip seorang pejabat Gedung Putih menyebutkan, skenario tersebut antara lain termasuk langkah tambahan untuk mengurangi potensi dampak dari pasokan bahan bakar.

Respons pemerintah dipimpin oleh Departemen Energi. Dalam tim itu juga ada FBI serta Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Sebagai informasi, Colonial Pipeline bekerja mengangkut hingga 100 juta galon bensin dan bahan bakar lainnya setiap hari. Ini dilakukan dari Houston menuju New York Harbor.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading