Kabar Gembira! Vaksin Moderna Ampuh 96% Lawan Covid di Remaja

Tech - No, CNBC Indonesia
07 May 2021 12:52
A Palestinian medic displays a vial of the Moderna COVID-19 vaccine, at the health ministry, in the West Bank city of Bethlehem, Wednesday, Feb. 3, 2021. The Palestinian Authority has administered its first known coronavirus vaccinations after receiving several thousands of doses of the Moderna vaccine from Israel. The Pfizer-BioNTech and AstraZeneca vaccines will be provided in the coming weeks through COVAX, a World Health Organization program designed to help poor countries acquire vaccines. (AP Photo/Nasser Nasser)

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen vaksin asal Amerika Serikat (AS), Moderna mengatakan vaksin Covid-19 buatannya efektif 96% melawan Covid-19 pada remaja berusia 12-17 tahun.

Ini merupakan hasil uji klinis awal yang melibatkan 3.235 relawan di AS. Dua pertiga relawan diberikan vaksin Moderna dan sisanya mendapatkan plasebo atau vaksin palsu.

"Studi tersebut menunjukkan kemanjuran vaksin sebesar 96% terhadap Covid-19, yang secara umum dapat ditoleransi dengan baik tanpada adanya masalah keamanan (safety) yang teridentifikasi hingga kini," ungkap Moderna, seperti dihimpun dari AFP, Jumat (7/5/2021).


Moderna mengungkapkan efek samping paling umum yang diderita relawan adlah nyeri di tempat suntikan. Pada suntikan kedua efek samping termasuk sakit kepala, kelelahan, miagia dan menggigil. Ini efek samping serupa yang terjadi pada penerima vaksin dewasa.

"Tidak ada masalah keamanan serius yang teridentifikasi hingga saat ini," katanya.

Moderna mengatakan saat ini sedang dalam diskusi dengan regulator kesehatan untuk mendapatkan izin penggunaan vaksin pada remaja usia 12-17 tahun. Saat ini AS baru menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Moderna pada mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya, Pfizer dan BioNTech telah mengajukan permohonan agar vaksinnya bisa disuntikkan ke anak usia 12-15 tahun di Amerika Serikat dan Eropa. Kanada jadi negara pertama yang mengizinkan penyuntikan gambar Pfizer untuk kelompok usia ini.

Vaksinasi remaja adalah langkah selanjutnya dalam kampanye untuk mengatasi epidemi. Moderna juga memulai uji coba vaksinnya pada anak usia enam bulan hingga 11 tahun pada Maret lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Baik! Moderna Kirimkan 1 Miliar Vaksin Covid Tahun Ini


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading