Berapa Lama Vaksin Moderna Lindungi Tubuh dari Covid-19?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 April 2021 10:45
A Palestinian medic displays a vial of the Moderna COVID-19 vaccine, at the health ministry, in the West Bank city of Bethlehem, Wednesday, Feb. 3, 2021. The Palestinian Authority has administered its first known coronavirus vaccinations after receiving several thousands of doses of the Moderna vaccine from Israel. The Pfizer-BioNTech and AstraZeneca vaccines will be provided in the coming weeks through COVAX, a World Health Organization program designed to help poor countries acquire vaccines. (AP Photo/Nasser Nasser)

Jakarta, CNBC Indonesia - Moderna Inc mengatakan pada vaksin Covid-19 buatan perusahaan masih menunjukkan perlindungan yang kuat terhadap virus corona baru enam bulan setelah pengguna menerima suntikan kedua.

Vaksin ini masih bisa memberikan kemanjuran lebih dari 90 persen terhadap semua virus Covid dan lebih dari 95 persen terhadap sakit parah akibat Covid-19 setelah enam bulan disuntik vaksin.

Perusahaan juga telah mulai menguji versi baru dari vaksin yang menargetkan varian baru virus corona, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan dan dikenal sebagai B.1.351.


Dikatakan kedua versi vaksin yang sedang diuji, termasuk vaksin multivalen yang menggabungkan vaksin yang baru dirancang dengan yang sebelumnya, meningkatkan titer antibodi penetral dalam uji terhadap tikus, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (14/4/2021).

Vaksin Moderna telah digunakan lebih dari 40 negara. Vaksin ini menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA), yang berisi instruksi bagi sel manusia untuk membuat protein yang meniru bagian dari virus corona.

Instruksi tersebut memacu sistem kekebalan untuk bertindak menghasilkan respons perlindungan, tetapi tidak ada virus yang terkandung dalam vaksin.

Rata-rata harga jual vaksin Moderna di Amerika Serikat(AS) mencapai US$15,4 per dosis atau setara Rp 234 ribu (asumsi Rp 14.500/US$). Untuk perlindungan maksimal masyarakat harus mendapatkan dua suntikan atau dua dosis. Adapun harga di luar AS, antara US$22 hingga US$37 per dosis.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading