Kapan Pandemi Covid Berakhir, Bos WHO: Jauh dari Kata Usai

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 April 2021 07:15
Infografis/ Aduh! Ada Prediksi Enggak enak soal pandemi dari Bos WHO/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 sudah melanda dunia selama lebih dari satu tahun. Namun belum ada kata usai untuk kejadian ini. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Walaupun di sisi lain dia yakin pandemi bisa dikendalikan.

"Pandemi Covid-19 masih jauh dari usai. Namun kami punya sejumlah alasan untuk optimis. Kasus dan kematian selama dua bulan awal tahun ini mengalami penurunan menunjukkan virus dan varian nya dapat dihentikan," ungkapnya dikutip Reuters, Rabu (14/4/2021).

Tedros juga mengharapkan masyarakat serta ekonomi di dunia bisa dibuka kembali. Selain itu juga perjalanan dan perdagangan yang bisa dilanjutkan lagi.


Namun protokol kesehatan masih menjadi kunci penting di sini. Dia mengatakan masih ada masyarakat yang tidak menjalankannya.

Saat ini masyarakat pergi ke tempat keramaian meskipun transmisi masih ada. Adapula pemikiran pada masyarakat muda yakni tidak ada masalah mereka terkena Covid-19.

"Beberapa orang nampaknya mengambil pendekatan jika mereka cukup muda, itu tidak masalah jika mereka terkena Covid-19," kata dia.

Tedros menambahkan saat ini sejumlah rumah sakit di beberapa negara mulai penuh lagi. Termasuk banyak orang yang sekarat.

Sementara itu, peningkatan kasus pandemi juga terlihat lagi. India harus mengalami gelombang kedua pandemi sejak beberapa waktu lalu.

Bahkan India mengalahkan Brazil jadi negara kedua tertinggi kasus pandemi Covid-19. Di peringkat pertama masih dihuni oleh AS.

Menurut laporan minggu lalu peningkatan kasus sebanyak 9%. Sementara itu kenaikan juga terus terjadi selama tujuh minggu terakhir menurut ketua tim Covid-19 WHO, Maria van Kerkhove.

Untuk kasus kematian juga mengalami peningkatan sebanyak 5%. "Jika Anda melihat kurva epidemi dan laju pandemi sekarang, ini tumbuh secara eksponensial," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading