Beli Ethereum Modal Motor Beat, Hold Setahun Jadi Xpander

Tech - Roy, CNBC Indonesia
03 May 2021 11:55
Ethereum

Jakarta, CNBC Indonesia - Mata uang kripto Ethereum mencuri perhatian. Pasalnya, dalam seminggu terakhir harganya terus naik bahkan mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa.

Menurut Coindesk, pada hari ini (3/5/2021) harga tertinggi sepanjang masa Ethereum mencapai US$3.060 per koin atau setara Rp 44,22 juta (asumsi Rp 14.450/US$). Dalam 24 jam terakhir harga Ethereum sudah naik 4,98%.

Jika diukur sejak awal tahun, Ethereum telah memberikan return ke investor sebesar 311,76%. Ethereum merupakan uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua setelah Bitcoin, nilainya mencapai US$ 353,99 miliar. Saat ini ada 115,71 juta Ethereum yang beredar di pasar.


Sebelum CEO Indodax Oscar Darmawan kenaikan harga Ethereum mencapai lebih dari 10 kali lipat. Setahun yang lalu, harga Ethereum sekitar Rp 3,2 juta. Dia mengungkapkan, kenaikan Ethereum terjadi karena European Investment Bank menerbitkan obligasi digital di jaringan blockchain Ethereum.

"Kenaikan harganya terjadi karena EIB membuat jaringan obligasi digital di jaringan blockchain Ethereum. EIB dikabarkan berencana menerbitkan obligasi 100 juta Euro," sebut Oscar Darmawan.

Selain itu, Ethereum sedang dalam tahap pembenahan mengatasi kelemahan yang dia miliki. Ini ditandai dengan upgrade Ethereum 2.0. Nantinya, Ethereum akan memiliki jaringan yang lebih cepat dan dengan biaya yang lebih murah.

"Selain itu, pada pertengahan tahun ini, Ethereum akan Upgrade EIP-1559, dimana akan banyak Ethereum akan di burn. Seperti yang kita tahu, burn kemungkinan besar menyebabkan harga aset kripto meningkat bahkan hingga ratusan kali lipat," sebutnya.

Lantas berapa cuan yang didapatkan dari Ethereum? Bila setahun lalu kamu menggunakan dana untuk beli Beli Honda Beat sebesar Rp 16 juta untuk membeli Ehtereum maka kamu akan mendapatkan 5 keping koin Ethereum. Kala itu Ethereum di harga Rp 3,2 juta per koin (asumsi Rp 15.000/US$).

Sekarang harganya sudah naik 14,74% atau menjadi US$3.050 atau setara Rp 44,1 juta (asumsi Rp 14.450/US$) per koin. Artinya 5 keping Ethereum sudah berharga Rp 220,36 juta.

Itu artinya jika modal beli Honda Beat tahun lalu kamu investasikan di Ethereum, maka kini dana tersebut sudah bisa digunakan untuk membeli Mobil Mitsubishi Xpander.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading