Ini Dia Bandar Besar Dogecoin Berharta Rp 150 T , Elon Musk?

Tech - Muh Iqbal, CNBC Indonesia
30 April 2021 19:02
Dogecoin

Jakarta, CNBC Indonesia - Dogecoin kini menjadi salah satu uang kripto yang mendapat banyak perhatian selain Bitcoin. Lantaskan bandar besar di aset kripto yang berawal dari meme ini?

Berdasarkan situs pelacak transaksi cryptocurrency Bitiinfocharts, pada 30 April 2021 terdapat satu akun yang memiliki 36,72 juta Dogocoin. Ini setara dengan 28,39%. Saat ini ada 129,39 juta Dogecoin yang beredar di pasar. Dengan valuasi pasar US$40,28 miliar.

Saat ini harga Dogecoin mencapai US$0,32 per koin. Artinya kekayaan pemilik akun ini dari Dogecoin mencapai US$10,4 miliar atau setara Rp 150,8 triliun (asumsi US$14.500/US$), seperti dikutip dari Bitiinfocharts, Jumat (30/4/2021).


Tidak diketahui siapa pemilik akun ini apakah individu atau institusi. Tidak diketahui juga apakah pemilik terbesar Dogecoin ini adalah Elon Musk atau bukan.

Elon Musk sendiri tidak pernah mengumumkan dirinya memiliki Dogecoin secara pribadi. Namun ia dikenal luas sebagai salah satu pendukung Dogecoin. Ia menyampaikan dukungannya melalui cuitannya di akun pribadinya. Bahkan ia menyebut dirinya sendiri sebagai Dogefather.

Elon Musk juga sempat menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Dogecoin sebagai mata uang internet. Ia sangat yakin Dogecoin akan menjadi alternatif uang resmi di masa depan.

Ia bahkan mendorong investor yang memiliki Dogecoin dalam jumlah besar. Alasannya, konsentrasi Dogecoin pada segelintir orang atau akun menjadi masalah sebenarnya bagi uang kripto ini.

"Jika pemegang besar Dogecoin menjual sebagian besar koin mereka, mereka akan mendapat dukungan penuh saya. Terlalu banyak terkonsentrasi adalah satu-satunya masalah nyata," ujar Elon Musk seperti dikutip dari Reuters.

Investasi di Dogecoin sendiri telah banyak mendapatkan kritikan. Salah satunya dari Mike Novogratz, CEO Galaxy Digital, mengatakan dia berharap Musk tidak membuat cuitan Twitter yang menyanjung Dogecoin.

"Ini adalah meme. Memang lucu untuk beberapa saat, tetapi sekarang ini akan banyak orang kehilangan banyak uang dalam doge," ujarnya kepada CNBC International. "Bitcoin memiliki tujuan nyata, etheruem memiliki tujuan nyata, banyak stablecoin memiliki tujuan nyata. Doge itu semacam meme, semacam lelucon."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading