Gojek, Grab & Induk Shopee Kian Gencar Caplok Startup, Siapa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 April 2021 17:00
foto : Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa teknologi di Asia Tenggara diperkirakan akan mencaplok startup menggunakan dana yang diperoleh saat go public. Salah satu kemungkinannya adalah GoTo, perusahaan gabungan dari Gojek dan Tokopedia jika merger berhasil.

"Mereka pada dasarnya melahap sejumlah startup," kata Vinnie Lauria dari Golden Gate Ventures, dikutip CNBC Internasional, Senin (26/4/2021).

Selain GoTo, menurutnya kemungkinan pembeli lain adalah Grab dan Sea. Vinnie mengatakan dengan IPO memberikan modal tambahan.


"Terdaftar di bursa memberikan mereka modal untuk tumbuh, memberikan mereka valuasi untuk melakukan sejumlah akuisisi, merger dari cash dan ekuitas," jelasnya.

Menurutnya apa yang terjadi ini sama seperti di China 10-15 tahun. Saat itu Baidu, Alibaba dan Tencent juga membeli perusahaan lebih kecil.

Vinnie mengatakan pada 2025 nanti ratusan akuisisi akan terjadi. Pemimpinannya adalah para decacorn, perusahaan bernilai US$10 miliar.

Selain itu, menurutnya para investor akan menarik uang pada ekosistem startup di Asia Tenggara. Namun dikatakan Vinnie mereka belum tentu mendorong perusahaan untuk menjual dirinya sendiri.

Nantinya kemungkinan akan mencari pembeli sekunder. Pihak tersebut juga sangat tertarik dalam merger, ungkapnya.

"Pasar sekunder, yang sangat rendah di Asia Tenggara, kami harap akan sangat besar di sana," ujarnya.

Sementara itu, dia juga menganggap fintech menjadi sektor yang undervalued. Menurutnya di masa depan perusahaan seperti Visa dan Mastercard tidak memiliki penetrasi yang sama di Asia Tenggara dan pembayaran jadi alternatif besar.

Serta Vinnie meramal jika area kesehatan menjadi yang paling diminati. Investor juga dipastikan akan melihat ke industri teknologi pendidikan.

"Di Asia Tenggara akan berkembang sangat berbeda dari dunia barat, dan kita akan melihat sejumlah inovasi menarik di sini," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading