Kominfo Beberkan Kapan 5G Ada di Indonesia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 April 2021 17:35
A visitors walks past a 5G sign during Mobile World Congress in Barcelona, Spain, February 28, 2017. REUTERS/Eric Gaillard

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat Indonesia semakin dekat untuk merasakan implementasi 5G di dalam negeri. Kementerian Kominfo sendiri sudah membeberkan rencana tersebut termasuk waktu implementasinya.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020-2024.

Dalam beleid yang dirilis 25 Februari lalu diatur sejumlah lokasi yang akan mendapatkan jaringan 5G.


Lokasi awal pengimplementasian 5G di Indonesia adalah Pulau Jawa. Tepatnya adalah ibukota provinsi yakni Bandung, Jakarta, Banten, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

Dalam beleid dituliskan pemilihan wilayah itu karena dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sesudahnya layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi-lokasi lain," tulis aturan tersebut, dikutip Kamis (22/4/2021).

Selain pulau Jawa, implementasi 5G dilakukan pada lokasi destinasi wisata super prioritas. Lokasinya berada di Labuhan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobodur (Jateng).

Akan ada satu lokasi industri manufaktur yang juga mendapatkan jaringan 5G. Lokasi terakhir adalah ibu kota negara atau IKN baru.

Pemindahan ibukota ditargetkan pada 2024 mendatang. Di tahun yang sama di sana telah siap mengimplementasikan teknologi 5G.

"Jika tidak ada perubahan kebijakan dari Presiden RI terkait dengan timeline rencana pemindahan IKN, ditargetkan pada 2024, IKN telah 100% ter-cover jaringan serat optik dan layanan mobile seluler 4G, serta siap mengimplementasikan teknologi 5G," jelas Kominfo.

Lantas kapan tiap wilayah bisa merasakan ngebutnya 5G? menurut timeline 6 ibukota provinsi di Jawa dan 5 destinasi wisata super prioritas akan mendapatkannya pada 2023. Berselang satu tahun kemudian untuk ibukota baru dan industri manufaktur.

Infografis: Ada 13 Wilayah yang Bakal Dapat Jaringan 5G, Internet Ngebut!Foto: Infografis/Ada 13 Wilayah yang Bakal Dapat Jaringan 5G, Internet Ngebut!/Arie Pratama

[Gambas:Video CNBC]




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading