Resmi! Telkomsel & Smarfren Menang Lelang Frekuensi 5G

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 April 2021 15:34
foto : Ist/cnnindonesia.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Hasil seleksi lelang frekuensi radio 2,3 Ghz telah diumumkan. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Smart Telecom (Smartfren) berhasil menjadi pemenang dalam seleksi frekuensi yang disebut bisa sebagai jaringan 5G itu.

Harga lelang oleh Telkomsel adalah Rp176,9 miliar per blok. Perusahaan tersebut mendapatkan dua blok yakni A dan C.

Sementara Smartfren harga lelangnya sebesar Rp176,5 miliar dengan blok B, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kominfo, Kamis (22/4/2021).


Kementerian Kominfo juga menambahkan jika tahapan seleksi belum selesai. Peserta seleksi baru dinyatakan sebagai Pemenang Seleksi jika telah diterbitkan Keputusan Penetapan Pemenang Seleksi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.

Seleksi lelang frekuensi ini dibuka kembali pada 2,3 Ghz. Kementerian Kominfo melelang untuk tiga blok dalam rentang 2360-2390 Mhz dengan lebar masing-masing 10 Mhz.

Seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan bergerak seluler, meningkatkan kualitas layanan secara maksimal, serta mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur TIK dengan teknologi generasi kelima (5G).

Sebenarnya seleksi ini pernah dilakukan beberapa waktu lalu. Saat itu disebutkan pemenangnya ada tiga yakni Telkomsel, Hutchison 3 Indonesia dan Smartfren. Saat itu penawaran lelang ketiga perusahaan masing-masing Rp114,867 miliar.

Namun pada Januari lelang dinyatakan dihentikan. Kementerian Kominfo beralasan karena ada unsur kehati-hatian dan kecermatan.

Itu semua dalam rangka agar menyelaraskan proses seleksi yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan terkait PNBP di Kominfo. Salah satunya PP No 80 Tahun 2015.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading