3 Bulan Hilang, Jack Ma Mendadak Nongol Bareng Putin

Tech - roy, CNBC Indonesia
16 April 2021 16:34
Jack Ma. (AP/Firdia Lisnawati)

Jakarta, CNBC Indonesia - Miliuner Jack Ma akhirnya tampil ke publik untuk pertama kalinya sejak pemerintahan Xi Jinping menindak dan mendenda perusahaan internet yang didirikannya.

Pada Rabu (14/4/2021), Jack Ma muncul dalam pertemuan konferensi video Russian Geographical Society bersama dengan Presiden Vladimir Putin. Dia berada di sana sebagai dewan pengawas grup. Tetapi tidak berbicara sama sekali dalam acara tersebut, seperti dikutip dari Insider, Jumat (16/4/2021).

Jack Ma dikenal dekat dengan Rusia, bahkan ia sudah tampil berkali-bali bersama dengan Putin. Pada pertengahan 2020, Departemen Perdagangan Rusia berterima kasih pada Jack Ma atas donasi sejuta masker dan alat tes Covid-19.


Ketika itu, dia juga disebut anggota kehormatan Russian Geographical Society. Bahkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, memuji Jack Ma sebagai teman sejati negara Rusia.

Jack Ma menghindari sorotan publik sejak Oktober 2020, usai melontarkan kritik pada regulator keuangan China yang dianggap terlalu kaku dalam membuat aturan dan bisa menghambat perkembangan sektor teknologi keuangan.

Hilangnya Jack Ma memunculkan isu liar soal keberadaannya. Bahkan ada yang menyebutkan Jack Ma di penjarakan oleh pemerintah.

Atas kritik tersebut Jack Ma dan perusahaannya diselidiki. Bahkan regulator China menghentikan rencana pencatatan saham perdana (IPO) Ant Group, fintech yang terafiliasi dengan Alibaba, dua hari sebelum pencatatan.

Pekan lalu, China juga mendenda e-commerce Alibaba senilai US$2,8 miliar karena raksasa teknologi ini disebut menerapkan praktik anti persaingan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading