Member Geruduk Bos Kripto, OJK Sebut Investasi Bodong

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 April 2021 10:40
Gold Coins and plant isolated on white background

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin, rumah CEO EDCCash, Abdulrahman Yusuf di Pondok Gede, Bekasi didatangi sejumlah massa yang merupakan member platform tersebut. Mereka mengaku tidak bisa mencairkan uang kripto sejak beberapa bulan terakhir.

Menurut salah satu member, Diana, uang sulit cair sejak enam bulan lalu. Kesulitan itu diklaim pihak EDCCash dikarenakan ada perbaikan sistem.

Diana mengatakan memiliki beberapa member atau disebut sebagai downline. Seluruhnya menitipkan uang kepada Diana untuk dibelikan koin dan sekarang sudah tidak dicairkan menjadi uang. Dia mengaku kerugian berkisar Rp5 miliar.


"Koin yang (seharusnya cair) sekian ratus juta, harusnya dari uang segitu, sekarang (cairnya) jadi beberapa receh. Kayak koin saya misalkan dari satu akun itu Rp 800 juta yang harus dijual atau yang saya dapatkan, kok sekarang cuma (cair) Rp 11 juta," ujarnya dikutip dari detik.com.

Dirinya mengaku tertarik berinvasi karena tergiur karena keuntungan yang ditawarkan dan sejumlah ulama yang menjadi member. Diana dan beberapa member lain juga telah melaporkan mengenai EDCCash kepada Polda Mtero Jaya dengan laporan bernomor LP/1815/IV/YAN.2.5/2021/SPKT PMJ tanggal 5 April 2021.

Sebagai informasi, E-Dinar Coin Cash atau EDCCash diklaim sebagai platform menambang aset digital. Dalam keterangannya, EDCCash adalah perusahaan aset uang kripto yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Saat ditanya mengenai status EDCCash, Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing menyatakan platform termasuk investasi ilegal. Menurutnya platform penambangan aset digital itu melakukan kegiatan jual beli krypto tanpa izin.

"EDCCash sudah masuk dalam daftar investasi ilegal, karena melakukan kegiatan jual beli crypto tanpa izin," kata Tongam kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/2/2021).

Menurutnya EDCCash menjanjikan keuntungan pada pengguna jika ikut komunitas dan menambangnya. Namun anggota diharuskan melakukan pembelian koin terlebih dulu.

"Mereka menjanjikan keuntungan apabila ikut menjadi komunitas dan menambang EDCCash, tetapi member harus membeli coin tersebut terlebih dahulu," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading