Kacau! Makin Ramai Investasi Bodong Titip Modal, Ini Modusnya

Tech - Chandra, CNBC Indonesia
04 April 2021 10:19
Pintu

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbagai investasi seperti saham hingga cryptocurrency belakangan kian marak, seiring dengan mudahnya akses informasi yang bisa didapat bagi investor pemula yang baru bergabung di pasar modal.

Momen ini menjadi sasaran empuk bagi orang-orang yang tak bertanggung jawab, salah satunya dengan memanfaatkan nama besar CNBC Indonesia hingga beberapa perusahaan cryptocurrency seperti Pintu.

Hoaks Titip Modal CNBC Indonesia

Berdasarkan informasi yang diterima, ada sejumlah pihak yang tak bertanggungjawab yang menggunakan nama CNBC Indonesia untuk ajakan investasi yang disinyalir tak berizin alias bodong. Ajakan investasi ini dilakukan melalui social media dan grup chat interaktif seperti Telegram.

Salah satu grup dengan member lebih dari 26 ribu subscriber misalnya, menjanjikan investasi dengan mudah dan diiming-iming yang menggiurkan dimulai dari investasi Rp 5 juta.

Penipuan mengatasnamakan CNBC Indonesia/Aristya RahadianFoto: Penipuan mengatasnamakan CNBC Indonesia



Sang Admin Grup ini menyatakan bagi yang tertarik menitipkan uangnya, modal Rp 5 juta akan memperoleh profit alias keuntungan 50%. Bahkan, berdasarkan informasi yang disebarkan, bagi yang investasi hari ini sebesar Rp 5 juta maka akan kantongi profit 50%.

"Artinya besok cair Rp 7,5 juta," demikian keterangan tersebut.

Note : CNBC Indonesia tidak pernah mengajak seluruh pihak untuk berinvestasi dan memberikan keuntungan seperti ajakan di platform Telegram tersebut.


Kacau! Makin Ramai Investasi Bodong Titip Modal di Telegram

Investasi Bodong Mengatasnamakan Pintu

Selain CNBC Indonesia, ada juga ajakan di platform Pintu. Sehubungan dengan pengumuman resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 1 April 2021 dengan Nomor Surat PENG-3/MS.312/2021 terkait pemalsuan izin usaha yang mengatasnamakan OJK, platform jual-beli uang kripto Pintu menemukan bahwa salah satu dari nama perusahaan yang terdapat pada daftar tersebut menyerupai nama produk dan perusahaan Pintu.

Pada pengumuman resmi OJK, perusahaan dengan nama Pintu Investasi/PT Dana Syariah Indonesia/ Pintu Crypto Investasi telah terindikasi melakukan pemalsuan perizinan usaha atau pendaftaran dengan mengatasnamakan OJK.

PintuFoto: Pintu



Pintu bermaksud untuk menghimbau masyarakat untuk selalu waspada atas investasi bodong dan menganjurkan agar melakukan riset atas izin/lisensi platform yang digunakan sebelum berinvestasi. Saat ini banyak sekali ditemukan modus pengatasnamaan / pemalsuan produk oleh platform-platform investasi tidak berizin dengan niat untuk melakukan penipuan.

"Dengan ini kami bermaksud untuk menyatakan bahwa perusahaan yang terdapat pada daftar tersebut yaitu Pintu Investasi/PT Dana Syariah Indonesia/ Pintu Crypto Investasi, bukan merupakan perusahaan kami dan tidak memiliki hubungan afiliasi apapun.

PT Pintu Kemana Saja (Pintu), telah resmi terdaftar oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dengan No. 003/BAPPEBTI/CP-AK/02/2020, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, sebagai salah satu pedagang aset kripto resmi di Indonesia dan telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Nomor No. 02093/DJAI.PSE/12/2019. Adapun PT Pintu Kemana Saja tidak pernah melakukan pemalsuan izin usaha yang mengatasnamakan OJK.

Jeth Soetoyo selaku CEO dan Founder PT Pintu Kemana Saja menyatakan apresiasinya atas tindak lanjut dari OJK.

"Kami mengapresiasi tindakan tegas dari Otoritas Jasa Keuangan terkait kasus ini. Adanya oknum yang melakukan pemalsuan izin dengan mengatasnamakan OJK dan juga menyerupai nama perusahan kami tentunya sangat meresahkan. Dengan demikian, kami mohon agar masyarakat terus waspada guna menghindari kerugian dari tindak penipuan serupa"

Kenali Tanda-Tanda Penipuan

* Tawaran Keuntungan yang Menarik dan Jasa Titip Investasi

Penipuan yang paling sering ditemui adalah investasi bodong dengan iming-iming keuntungan yang besar. Banyak penipuan yang menggunakan kedok ini dengan mengatasnamakan Pintu. Biasanya si penipu akan menawarkan investasi mopit atau investasi titip dana.Contoh Penipuan:"Titip modal investasi kontrak 1 minggu hasil profit 40% dari modal perhari"Jika kamu menemukan pesan seperti di atas menggunakan nama Pintu atau staff Pintu, mohon untuk melaporkan dan berhati-hati. Karena Pintu TIDAK menawarkan produk investasi seperti itu.

* Meminta Sejumlah Uang/Saldo Kripto

Perlu diingat bahwa Pintu TIDAK pernah meminta sejumlah uang/saldo kripto kepada pengguna dengan alasan apapun. Mohon laporkan dan berhati-hati jika ada akun atau oknum yang meminta uang atas nama Pintu atau staff Pintu.

* Meminta Kode OTP/Password Akun Aplikasi PintuOTP = One-Time Password yang dikirimkan melalui SMS.

Kegunaan OTP ini sangat rahasia karena jika diberikan kepada orang lain, akun kamu dapat diakses oleh pihak lain. Maka Pintu sangat menghimbau untuk tidak memberikan OTP kepada siapa pun. Selain OTP, oknum penipu juga sering meminta password akun kamu.

"Mohon berhati-hati dan jangan pernah memberikan password kepada siapapun. Pihak Pintu TIDAK pernah meminta data-data sensitif seperti password atau kode OTP kepada pengguna. Segera laporkan dan selalu berhati-hati jika ada yang meminta OTP/password atas nama Pintu atau staff Pintu."


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading