Bukan Iklan, Ini Cara Dapat Uang di Clubhouse

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 April 2021 11:34
The icon for the social media app Clubhouse is seen on a smartphone screen in Beijing, Tuesday, Feb. 9, 2021. Chinese authorities are blocking access to Clubhouse, a social media app that allowed users in China to discuss sensitive topics with people abroad including Taiwan and treatment of the country’s Muslim minority. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Clubhouse secara resmi membuka opsi pembayaran untuk monetisasi para kreator di platform tersebut. Aplikasi audio-chat itu mengatakan tidak akan mengambil uang sepersen pun dari sana.

Mulai Senin, seluruh pengguna dapat mengirimkan pembayaran lewat platform. Fitur pembayaran ini akan diujicobakan lebih dulu dalam grup kecil dan selanjutnya akan diluncurkan pada pengguna lainnya.

Saat pengguna mengaktifkan fitur itu, tinggal mengklik 'Send Money'. Clubhouse bekerja sama dengan mitra pembayaran Stripe, dan mengatakan akan ada biaya pemrosesan kartu kecil, dikutip Reuters, Selasa (6/4/2021).

Sudah diluncurkan sejak tahun lalu, namun nama Clubhouse memang baru terdengar beberapa waktu terakhir. Termasuk sempat banyak digunakan oleh masyarakat pengguna perangkat Apple di Indonesia.

Salah satunya saat CEO Tesla, Elon Musk ikut jadi pembicara beberapa waktu lalu. Room yang menyelenggarakan acara tersebut sampai penuh dan harus dialirkan secara langsung ke Youtube.

Aplikasi ini dapat diunduh dan diakses dengan gratis. Selain itu berbeda dengan platform media sosial lain, tidak ada iklan di dalam Clubhouse.

Namun sudah sejak lama pihak Clubhouse memikirkan cara monetisasi di dalam platform.

Misalnya rencana menggunakan metode subscription atau berlangganan. Pembuat konten akan mendapatkan langsung dari para pengguna yang mendengarkan acaranya.

Selain itu, CEO Clubhouse, Paul Davison mengungkapkan juga ada metode seperti membeli tiket. Ada juga rencana monetisasi dengan menerima tip dari para pendengar.

""Ada banyak orang hebat yang pintar, lucu, ahli di bidangnya, hebat untuk menyatukan orang. Dan yang kami inginkan membiarkan mereka hidup dari Clubhouse dengan berlangganan dan tiket acara atau mendapatkan tip dari pendengar yang senang membayar langsung untuk pengalaman yang dibuat," kata dia beberapa waktu lalu.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading