Keren Mana? Clubhouse Vs Discord

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 February 2021 17:57
The icon for the social media app Clubhouse is seen on a smartphone screen in Beijing, Tuesday, Feb. 9, 2021. Chinese authorities are blocking access to Clubhouse, a social media app that allowed users in China to discuss sensitive topics with people abroad including Taiwan and treatment of the country’s Muslim minority. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemunculan Clubhouse yang viral membuat banyak orang membandingkannya dengan Discord. Apalagi keduanya memiliki persamaan dapat digunakan sebagai audio-chat dan juga pengguna dapat memilih topik untuk saat berkomunikasi dalam aplikasi.

Perbedaan mendasarnya Clubhouse baru ada untuk iOS sementara Discord sudah dapat dinikmati bagi pengguna iOS dan Android.

Clubhouse dikenal sebagai layanan audio-chat, layanan podcast namun semua orang yang dalam ruangan bisa berinteraksi tidak hanya mendengarkan. Sementara untuk Discord menawarkan layanan dengan lebih luas.

Pada Discord, pengguna bisa bertukar pesan teks dan audio. Seperti layanan chat, aplikasi juga menyediakan layanan berbagi video, gambar, link, hingga musik.

Seperti layanan chat pada umumnya, pengguna Discord bisa menuliskan pesan langsung ke pengguna lain. Ini dapat dilakukan dengan audio atau video chat.

Jika di Clubhouse tempat mengobrol disebut room, Discord menamainya Server. Pengguna bisa membuat Server sendiri dan bergabung dengan yang dibuat orang lain, dikutip Business Insider, Jumat (19/2/2021).

Baik pengguna Discord dan Clubhouse dapat bercakap-cakap sesuai dengan tema yang dipilih. Mereka pun bisa masuk ke beberapa saluran dengan topik berbeda.

Discord memang jauh lebih senior dibandingkan dengan Clubhouse yakni sudah diluncurkan sejak 2015 lalu. Awalnya platform didirikan untuk games membangun komunitas dan saling terhubung.

Namun akhirnya Discord memperluas penggunaanya, dengan memasukkan komunitas seluruh internet. Bukan hanya games namun juga penulis hingga fans K-pop.

Discord juga menyediakan upgrade Discord Nitro yakni pengguna bisa mendapatkan kualitas video lebih tinggi, peningkatan server, jumlah unggahan lebih banyak dan live streaming dengan kualitas yang meningkat. Harga berlangganan ya adalah US$9,99 perbulan (Rp140 ribu) dan US$99,99 pertahun (Rp1,4 jutaan).



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading