Ini Cara Invite Orang di Aplikasi 'Viral' Clubhouse

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 February 2021 17:17
The icon for the social media app Clubhouse is seen on a smartphone screen in Beijing, Tuesday, Feb. 9, 2021. Chinese authorities are blocking access to Clubhouse, a social media app that allowed users in China to discuss sensitive topics with people abroad including Taiwan and treatment of the country’s Muslim minority. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Clubhouse cukup viral belakangan ini walaupun sudah diluncurkan sekitar satu tahun lalu. Namun sayangnya tak mudah untuk bisa bergabung, sebab aplikasi audio chat ini hanya dapat digunakan bagi yang mendapatkan invite atau undangan saja.

Jadi memang Clubhouse agak berbeda dengan aplikasi lain. Ada unsur eksklusivitas di dalamnya, selain baru digunakan untuk iOS juga harus menunggu invite dari orang yang sudah bergabung di Clubhouse sebelumnya.

Ini agak berbeda dari aplikasi lain, yang hanya tinggal mengunduh dari toko aplikasi lalu sign in dan siap menggunakannya.

Setiap pengguna yang baru bergabung mendapatkan dua kesempatan mengundang orang ke Clubhouse. Jadi bagi yang tertarik bergabung tinggal meminta teman atau orang yang dikenal untuk mengundang masuk.

Namun perlu catatan juga, mereka yang sudah bergabung perlu menyimpan nomor pengguna baru di dalam phone book-nya. Baru setelah itu bisa meng-invite orang tersebut.

Daftar orang yang bisa di-invite bisa dilihat pada ikon amplop di bagian atas layar aplikasi.

Namun bagaimana jika jatah dua invite habis? Pengguna bisa mendapatkannya dengan menggunakan aplikasi secara aktif. Nanti secara otomatis akan bertambah jumlah undangan jika pengguna bertindak sebagai host atau berpartisipasi menjadi speaker di room.

Tidak diketahui pasti berapa kesempatan undangan setiap pengguna aktif dalam aplikasi. Jumlah invite bisa juga dilihat berkala pada ikon amplop tadi.

Jika tidak ada invite yang tersisa maka akan diingatkan cara mendapatkan undangan tersebut.

Namun selain dengan invite, sebenarnya pengguna baru bisa mendapatkannya lewat waiting list. Akan ada notifikasi pada pengguna di Clubhouse yang menyimpan nomor telepon di kontak untuk memasukkan mereka ke dalam platform.

"Setiap orang bisa (diundang) dengan ikut waiting list atau meminta pengguna lain untuk mendapatkannya," tulis Clubhouse dalam keterangannya di App Store, dikutip Business Insider, Jumat (19/2/2021).



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading