Vaksinasi Covid-19 RI Tahap 3 Mulai Juni, Molor?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 April 2021 13:32
Vaksinasi wartawan. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan mengungkapkan vaksinasi atau penyuntikan vaksin Covid-19 tahap tiga akan dimulai pada Juni-Juli 2021. Apakah ini artinya molor?

Sebelumnya dalam rencana pemerintah, vaksinasi tahap ketiga akan dimulai pada April 2021 hingga Maret 2022. Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 3 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

"Bukan mundur tapi [vaksinasi tahap tiga] akan mulai Juni-Juli karena ada penundaan dari COVAX facility dan juga sebagian besar vaksin baru tiba di semester kedua," ujarnya Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada CNBC Indonesia, Kamis (1/4/2021).


Siti Nadia Tarmizi menambahkan seharusnya Indonesia akan mendapatkan pasokan vaksin sebesar 10 juta dosis dari COVAX facility. Sebelumnya Indonesia sudah mendapatkan 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca dari fasilitas COVAX.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyuarakan kekhawatirannya ada adanya ancaman perlambatan vaksinasi karena embargo ekspor vaksin terutama negara produsen vaksin yang mengalami lonjakan kasus Covid-19. Hal ini suda disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo.

"Ada catatan yang kami sampaikan ke Presiden, karena memang terjadi lonjakan kasus di beberapa negara, sehingga mulai terjadi embargo vaksin," ujar pria yang biasa disapa BGS ini usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Jumat (26/3/2021).

BGS pun mengungkapkan akan adanya kemungkinan keterlambatan kedatangan maupun ketersediaan vaksin Covid-19 dalam beberapa bulan ke depan. Utamanya yang berasal dari negara-negara yang melakukan embargo.

"Sehingga kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan vaksinnya agar tidak ada kekosongan vaksin nantinya," kata BGS lagi.

Sebelumnya, India berencana untuk melakukan embargo pengiriman vaksin AstraZeneca untuk fokus menyediakan pasokan dalam negeri. Pertimbangan ini juga diungkapkan oleh Uni Eropa dan meminta AstraZeneca memenuhi terlebih dahulu pasokan vaksin ke negara anggota benua biru itu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading