Internasional

Kabar Baik, Vaksin Pfizer/BioNTech Ampuh Lawan Covid Brasil

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
09 March 2021 13:35
A vial of the Pfizer-BioNTech vaccine for COVID-19 sits on a table at Hartford Hospital, Monday, Dec. 14, 2020, in Hartford, Conn. (AP Photo/Jessica Hill)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa vaksin buatan Pfizer/BioNTech bisa menetralkan varian baru virus corona Brasil. Dilansir Reuters, studi dilakukan oleh Universitas Texas dan diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

Vaksin terbukti bisa menetralkan versi rekayasa virus yang mengandung mutasi yang sama yang dengan strain Brasil. Hasilnya, para ilmuwan mengatakan kemampuan menetralkan vaksin Pfizer/BioNtech setara dengan efek vaksin pada virus Covid-19 biasa.


Dalam studi yang diterbitkan sebelumnya, Pfizer juga telah menemukan bahwa vaksinnya dapat menetralkan varian lain yang lebih menular dari Inggris dan Afrika Selatan (Afsel). Meskipun varian Afsel masih dapat mengurangi antibodi pelindung yang ditimbulkan oleh vaksin.

Sebelumnya isu mengenai kekuatan vaksin dalam menghalau varian Brasil ini menjadi pertanyaan besar masyarakat global. Apalagi sebuah studi menemukan bahwa vaksin Sinovac tidak ampuh pada varian virus yang ditemukan di Brazil itu.

Penelitian ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari Universitas Sao Paulo, Fakultas Kedokteran Universitas Washington dan sejumlah institusi lainnya. Mereka mengambil sampel plasma dari delapan orang yang telah disuntik vaksin Coronavacbuatan Sinovac.

Disimpulkan bahwa vaksin tidak merespons untuk varian baru tersebut.  Hasilnya, vaksin tersebut dinyatakan gagal untuk menetralkan varian pada lini P.1 atau 20J/501Y.V3.

"Hasil menunjukkan virus P1 berhasil kabur dari antibodi penetral yang diinduksi oleh Coronavac," kata tim peneliti.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading