Sudah Ikut Latihan Prakerja, Tapi Tak Dapat Insentif Gimana?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 February 2021 21:32
INFOGRAFIS, Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 Disetop

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyaknya keluhan tidak menerima insentif program Kartu Prakerja ternyata ada penyebabnya yaitu pekerja  tidak menyertakan akun rekening untuk transfer insentif tersebut.

Direktur Operasi program Kartu Prakerja, Hengki Sihombing menjelaskan alur menerima insentif dimulai dari sudah menyelesaikan pelatihan. Lalu ada laporan lembaga pelatihan kepada PMO melalui digital platform.

"Peserta harus memberikan ulasan rating. Kenapa harus? Karena itu yang kita gunakan untuk mengevaluasi si lembaganya juga," kata Hengki, dalam Bincang Sore Kartu Prakerja, Jumat (26/2/2021).


Ulasan rating ini berada di digital platform tempat peserta membeli modul pelatihan. Dia mengatakan nantinya akan menjadi skor pelatihan tersebut.

Ulasan dan rating ini berguna bagi peserta pelatihan selanjutnya. Mereka bisa melihat dulu komentar sebelum membeli dan memilih pelatihan dengan rating terbaik.

Terakhir adalah telah menautkan rekening untuk transfer. Dia mengatakan jika banyak peserta belum mendapatkan insentif karena masalah ini.

"Ada sampai saat ini selaporannya sudah diterima, tapi enggak bisa kita transferkan. Alasannya apa?Bukan karena rating ulasan tapi karena peserta ini belum menautkan rekeningnya," ujarnya.

Menurut hipotesa Hengki, kemungkinan mendaftar menggunakan KTP orang lain. Sehingga saat akan menautkan rekening e-Wallet nomor NIK tidak sesuai dengan yang di Prakerja.

Hengki mengatakan jika sudah menyelesaikan pelatihan hingga memberikan ulasan rating, tugas peserta tinggal memberitahu nomor rekening e-Wallet.

"Karena NIK nya dia itu tidak matching di e-walletnya dengan yang di Pra Kerja," kata Hengki.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading