Kartu Prakerja Gelombang 12 Diumumkan, Yuk Cek di Sini!

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
02 March 2021 09:15
INFOGRAFIS, Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 Disetop

Jakarta, CNBC Indonesia - Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan pengumuman penerimaan peserta program Kartu Prakerja Gelombang 12 rencananya akan berlangsung mulai hari ini, Selasa (2/3/2021).

Bagi kalian yang mendaftar pada Gelombang 12, bisa mengikuti beberapa cara untuk mengecek lolos atau tidak seleksi program Kartu Prakerja.

Ada dua cara untuk mengetahui apakah lolos atau tidak, yakni melalui SMS atau mengecek langsung di situs prakerja. Berikut cara cek lolos Kartu Prakerja:


1. Melalui SMS

Peserta yang lolos biasanya akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Pemberitahuan akan disampaikan ke nomor ponsel yang sudah didaftarkan saat membuat akun.

Oleh karena itu, saat mendaftarkan akun pastikan nomor telepon yang digunakan benar dan masih aktif. Calon peserta pun diimbau untuk tidak mengganti nomor HP.

2. Melalui situs www.prakerja.go.id

Selain melalui SMS, pengumuman peserta yang lolos Kartu Prakerja Gelombang 12 juga bisa dilihat di situs resmi Prakerja yaitu www.prakerja.go.id lalu cek ke bagian Dashboard.

Kemudian login dengan memasukkan alamat email dan password akun.

Jika lolos seleksi gelombang 12, kamu dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun. Namun jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi "Kamu Belum Berhasil" pada dashboard akun kamu.

Peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja. Saat ini, pemerintah menggandeng 7 mitra platform digital seperti Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.

Peserta akan menerima insentif Rp 1 juta untuk membeli paket pelatihan.

Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Insentif itu diberikan secara non tunai melalui rekening bank atau dompet elektronik pilihan peserta. Khusus untuk dompet digital, pemerintah telah bekerja sama dengan Gopay, LinkAja, OVO, dan Dana.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading