Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Selesai Akhir Tahun Ini

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
23 February 2021 15:24
Jokowi, SWF, INA (Yotube/BPMI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung untuk bisa mengamankan pasokan vaksin. Dia optimistis vaksinasi bisa selesai di tahun ini.

Jokowi menceritakan diplomasi vaksin sudah dilakukan sejak awal pandemi pada Maret 2020 lalu di Indonesia. Dibandingkan dengan negara kawasan ASEAN, Indonesia termasuk negara pertama yang telah memulai vaksinasi sejak Januari 2021.

Sampai saat ini vaksinasi pun masih terus berlangsung. Diharapkan bisa rampung pada akhir tahun 2021.


"Proses vaksinasi nasional terus bergulir sampai saat ini, dan saya harap proses vaksinasi ini terus dan dapat rampung pada akhir tahun ini. Ini memang tantangan yang berat, namun kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai target tersebut," jelas Jokowi dalam sebuah webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran, Selasa (23/2/2021).

Seperti diketahui, Indonesia sudah menjamin pasokan 420 juta vaksin Covid-19 hingga 2022. Vaksin itu berasal dari berbagai macam produsen vaksin di dunia.

Jokowi menegaskan, pasokan vaksin yang sudah diamankan oleh Indonesia tersebut bukan berarti bisa menyelesaikan dan mengurangi angka penularan Covid-19. Tapi juga harus beriringan dengan menerapkan protokol kesehatan dan terus melakukan testing, tracing dan treatment (3T).

"Ketersediaan vaksin bukan berarti menyelesaikan masalah, kita harus tetap disiplin dalam protokol kesehatan dan terus melakukan testing, tracing, dan treatment," jelas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading