Ini 3 Keunggulan Android 12 dari Android 11

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 February 2021 15:44
FILE PHOTO - A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/r/File Photo Foto: REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Google telah merilis sistem versi terbaru (OS) dari Android 12 pekan lalu dan sekarang tersedia sebagai pratinjau (preview) developer.

Android 12 disebut sangat mirip dengan Android 11 dengan beberapa fitur baru dan beberapa perbaikan kinerja yang bertujuan untuk membantu ponsel Android bekerja lebih baik.

Jika kamu ingin mencoba OS baru, dapat mengunduh dan menginstal developer preview Android 12. Tetapi berhati-hatilah kemungkinan besar Android 12 penuh dengan bug. OS ini memang ditujuan untuk developer dan versi beta Android 12 belum dirilis.


Diprediksi Android 12 versi beta publik akan dirilis mulai Mei 2021 dan versi finalnya pada Agustus atau September 2021, seperti dikutip dari CNet, Senin (22/2/2021).

Berikut adalah tiga fitur baru Android 12 yang tidak tersedia Android 11:

1. Fitur privasi aplikasi

Google menambahkan beberapa fitur privasi baru ke aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol, menurut entri blog Pengembang Android.

Salah satunya pembaruannya soal memberikan informasi tentang bagaimana cookie dapat digunakan di seluruh situs. Lainnya soal mengubah cara aplikasi mengekspor informasi untuk mencegah mereka mengumpulkan aktivitas, layanan, dan penerima secara tidak sengaja.

Perlu dicatat bahwa kebijakan ini tidak seketat yang ada di rilis perangkat lunak iOS terbaru Apple, yang mencakup "label khusus" tentang data pribadi pengguna yang diambil aplikasi pihak ketiga.

2. Desain ulang Notifikasi

Dengan Android 12, Google mengubah desain notifikasi agar lebih modern dan fungsional. Saat mengetuk pemberitahuan (notifikasi), Kamu akan dibawa langsung ke aplikasi, tidak lagi melalui layanan perantara. Hal ini seharusnya membuat semuanya berjalan lebih cepat.

Situs teknologi XDA Developers melaporkan Android 12 juga mendapatkan tombol baru yang memungkinkan pengguna menunda notifikasi yang tidak penting, dan memilih berapa lama untuk melakukannya.

Pengguna juga dapat mengaktifkan peringkat pemberitahuan adaptif untuk membiarkan Android mengatur ulang pemberitahuan pengguna berdasarkan cara pengguna bekerja dengan aplikasi yang berbeda, dan mengatur ulang peringkat jika pengguna tidak menyukainya.

3. Mode one-handed (satu tangan)

Android 12 tampaknya menyertakan beberapa perubahan desain yang mempermudah pengoperasian ponsel Android dengan satu tangan dan ibu jari pengguna. XDA Developers juga menemukan fitur baru yang disebut "silky home" yang membuat seluruh antarmuka lebih cocok untuk penggunaan satu tangan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading