Ramai di Internet, Ini Bocoran Fitur Baru Android 12

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 February 2021 18:27
Android 12 (XDA-Developers)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bocoran tampilan Android 12 mulai menyebar di internet. Diduga informasi itu berasal dari draf awal yang disiapkan Google untuk merangkul perubahan Android 12 nanti.

Salah satunya adalah soal widget. Apple diketahui menambahkannya dalam pembaruan iOS lalu, dan kemungkinan Google juga melakukan perubahan.

Dalam laporan yang bocor itu, dikatakan widget Conversations mungkin menyoroti pesan terbaru, missed call atau status aktivitas. Ukuran widget tak terlalu besar dan kemungkinan hanya akan menampilkan masing-masing satu pada pesan, panggilan serta status dalam satu waktu bersamaan.


XDA Developers melaporkan jika salah satu dokumen menyebutkan jika Google merencanakan widget Conversations sebagai fitur wajib dalam Android 12. Widget bisa mengakses People Shortcuts yakni untuk avatar, nama, konten notifikasi dan informasi status. Semuanya dapat diatur dalam PeopleManager class, dikutip Rabu (10/2/2021).

Android 12 (XDA-Developers)Foto: Android 12 (XDA-Developers)

Bocoran lainnya adalah dugaan tampilan panel UI untuk notifikasi. Latar belakang yang transparan diganti menjadi warna krem, namun nampaknya warna akan bergantung pada tema yang digunakan termasuk pengaktifan Dark Mode.

Selain itu masih ada pemisah antara bagian Conversations dengan notifikasi lainnya. Serta di bagian ujung notifikasi berbentuk bulat.

XDA Developers juga melaporkan kotak Quick Settings berubah dari 6 menjadi 4. Quick Settings muncul saat notifikasi diperluas, perubahan ini membuat kotak ikon jadi lebih besar.

Android 12 (XDA-Developers)Foto: Android 12 (XDA-Developers)

Perubahan lainnya ada posisi tanggal serta jam ditukar, dan ada indikator privasi baru di bagian ujung kanan atas layar.

Google juga nampaknya akan menambahkan fitur privasi baru untuk Android 12 nanti. Pengguna mungkin akan menerima peringatan berbentuk bar status setiap kali menggunakan kamera atau mikrofon.

Jika menekan bar status akan menampilkan pop up pesan di bagian atas layar, yakni memberitahu pengguna aplikasi apa saja yang menggunakan kamera atau mikrofon.

Android 12 (XDA-Developers)Foto: Android 12 (XDA-Developers)

Belum ada kepastian soal fitur itu, namun Google diketahui sudah menguji chip privasi selama lebih dari dua tahun terakhir.

Namun memang belum ada informasi resmi mengenai kebenaran perubahan tersebut. Google sendiri berencana meluncurkan Android 12 pada akhir tahun ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading