Android 12 Dikabarkan Rilis 4 Oktober 2021, Siapa Minat?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 September 2021 19:21
Android 12 (XDA-Developers)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah laporan dari XDA Developers menyebut Android 12 akan dirilis bulan depan. Tepatnya pada 4 Oktober mendatang atau lima bulan sejak versi beta publik dirilis.

XDA Developer melaporkan hal itu berdasarkan dokumen yang digunakan Google untuk memberitahu partner OEM mereka. Ini dilakukan untuk berhenti menyetujui pembuatan software pada berbagai versi Android.

Menurut laporan itu, 4 Oktober tercantum sebagai tanggal Android Open Source Project (AOSP) Rilis Android 12. Editor in Chief XDA Developers, Mishaal Rahman menyebut tanggal Rilis itu biasanya sama dengan peluncuran versi stabil dari Android 12 untuk penggunanya, dikutip The Verge, Rabu (15/9/2021).


Hal yang sama terjadi dengan pendahulunya. Android 10 versi stabil dirilis pada 3 September 2019, sama dengan dokumen yang muncul. Lalu AOSP Android 11 pada 8 September 20202 juga jadi peluncuran software kepada publik.

The Verge menuliskan ini menjadi hal yang mudah untuk dikonfirmasi 4 Oktober peluncuran Rilis Android 12. Sebagai informasi, Google memperkenalkan Android 12 pada Mei lalu. Saat itu juga merilis versi beta pertama dari pembaruan tersebut.

Sameer Samat, VP Product Management Android & Google Play, mengatakan Android 12 membawa perubahan besar selama sejarah Android. Google melakukan diskusi untuk pengalaman dari warna ke bentuk, cahaya serta gerakan.

Berikut sejumlah pembaruan dalam Android 12:

Personalisasi

Pengguna bisa melakukan personalisasi palet warna khusus dan juga mendesain ulang widget. Mereka bisa menggunakan color extraction untuk memilih wallpaper dan sistem akan langsung menentukan warna paling dominan.

Warna itu akan digunakan pada seluruh tampilan di bayangan notifikasi, lock screen, kontrol volume, hingga widget baru.

Animasi yang Lebih Hidup

Pembaruan nanti membuat perangkat Android lebih hidup pada sentuhan, gerakan dan scrolling. Ponsel akan cepat merespon sentuhan dengan gerakan dan animasi yang lebih halus.

Misalnya saat menutup notifikasi pada lock screen, akan membuat tampilan jam lebih besar.

Google juga menyederhanakan interaksi dan mendesain ulang pengalaman dengan lancar dan efisien. Ponsel tampil lebih cepat dan responsif serta efisiensi membuat bisa lebih lama untuk digunakan.

Desain Ulang Ruang Sistem

Android 12 juga merancang ulang bayangan notifikasi, pengaturan cepat serta tombol daya. Di bayangan notifikasi lebih intuitif dan menyenangkan dengan Tampilan aplikasi sekilas di kolom notifikasi yang sedang didengarkan atau tonton.

Pengaturan Cepat membuat pengguna bisa mengontrol seluruh sistem operasi dengan swipe dan satu ketukan. Quick Settings menyertakan Google Pay dan Home Control.

Dashboard Privasi Baru

Akan ada tampilan satu pengaturan izin baru, dan data apa saja yang sedang diakses serta seberapa sering dan aplikasi apa saja. Dengan begitu pengguna bisa mencabut izin aplikasi dari dashboard.

Terdapat indikator baru di bagian atas kanan dalam status bar. Dengan begitu pengguna tahu aplikasi apa saja yang mengakses mikrofon atau kamera.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading