Gojek-Tokopedia Merger Valuasinya Rp 560 T, Grab Lewat

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 February 2021 14:32
infografis Mengenal Istilah dan 4 startup unicorn RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Gojek dikabarkan tinggal selangkah lagi merger. Penggabungan kedua startup unicorn Indonesia ini akan hasilkan valuasi hingga US$40 miliar atau setara Rp 560 triliun (asumsi Rp 14.000/US$).

Informasi ini pertama kali dikabarkan Bloomberg News dengan mengutip sumber yang mengetahui aksi mega merger Gojek dengan Tokopedia, dan dilansir CNBC Indonesia, Rabu (10/2/2021).

Gabungan kedua perusahaan ini akan menciptakan perusahaan raksasa internet Indonesia yang menguasai sektor ride-hailing, pembayaran digital, belanja online dan pengiriman.


Salah satu sumber Bloomberg membisikkan setelah merger valuasi perusahaan gabungan ini akan mencapai US$35 miliar hingga US$40 miliar. Disebutkan ketika diskusi mega merger ini dilakukan valuasi Gojek mencapai US$18 miliar.

Bila valuasi ini benar maka kini valuasi Gojek sudah melalui Grab, yang menurut CB Insights memiliki valuasi US$14,3 miliar. Valuasi perusahaan hasil mega merger Gojek dan Tokopedia akan mendekati perusahaan roket milik Elon Musk, SpaceX yang memiliki valuasi US$46 miliar per Februari 2021, menurut CB Insights.

Isu mega merger Gojek dan Tokopedia pertama kali berhembus pada Januari 2021. Rencananya pada entitas baru ini 60% sahamnya dipegang oleh investor Gojek dan 40% oleh investor Tokopedia.

Setelah penggabungan disebutkan Tokopedia dan Gojek akan mencatatkan saham perdana (IPO) di bursa saham Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Usulannya Tokopedia akan masuk bursa saham Indonesia sementara Gojek di AS.

Meski begitu sumber Bloomberg mewanti-wanti pembicaraan ini bisa saja berlangsung alot dan gagal mencapai kesepakatan akhir.

Menanggapi pemberitaan ini, Nila Marita Chief of Corporate Affairs Gojek mengatakan "kami tidak dapat memberikan komentar terhadap rumor yang beredar," terangnya.

Nuraini Razak, VP of Corporate Communications, Tokopedia mengatakan "Kami tidak dapat menanggapi spekulasi yang ada di pasar."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading