Siap-siap Update! Ini Bocoran Android 12

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 May 2021 17:15
FILE PHOTO - A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/r/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah pengguna Android mungkin sudah tak sabar menanti pembaruan Android 12. Google I/O yang akan digelar minggu depan mungkin akan membuka sedikit informasi dari perusahaan tersebut.

Namun ini tak menutup bocoran yang muncul di internet. Misalnya perkiraan kedatangan Android 12 adalah sekitar bulan September.

Jika hal ini benar, Android 12 akan muncul bersamaan dengan iOS 15. Versi final dari iOS teranyar dikabarkan juga akan hadir September berbarengan dengan debut iPhone 13.


Sambil menunggu kepastian kedatangannya, berikut empat hal bocoran tentang Android 12, dirangkum dari Cnet, Senin (17/5/2021).

Hadir Bulan September

Sejauh ini Google memang masih menutup rapat informasi kapan Android 12 akan hadir. Namun biasanya versi final pembaruan akan hadir di bulan Agustus atau September.

Sebagai informasi dua pembaruan sebelumnya meluncur di bulan September. Ada Android 11 pada 8 September 2020 sedangkan 3 September 2019 merupakan perilisan Android 10.

Android Beta

Android 12 memang sebenarnya sudah tersedia namun versi beta pengembang. Sesuai namanya, versi ini untuk pengembang dengan sistem operasi yang masih bermasalah dan kemungkinan dapat merusak perangkat.

Jika masih ingin mencicipi versi beta, disarankan pada perangkat penguji bukan untuk ponsel utama yang digunakan saat ini.

Untuk versi beta publik biasanya dirilis Google pada bulan Mei yaitu saat Google I/O digelar. Acara yang diselenggarakan pada Minggu depan dengan beta publik memiliki sedikit bug dan masalah, meski tetap harus diunduh pada perangkat penguji.

Cara Mengunduh

Lalu saat Android 12 sudah muncul, kamu bisa mengunduh nya masuk ke Sistem ponsel. Lalu ke menu Lanjutan dan klik Pembaruan Sistem, terakhir ke periksa pembaruan.

Daftar Perangkat

Mungkin akan sulit untuk membuat daftar ponsel yang kompatibel dengan Android 12. Sebab sangat banyak vendor yang menjual ponsel menggunakan Android.

Secara umum, Google Pixel 3 dan terbaru akan mendapatkan pembaruan. Selain itu juga ponsel-ponsel baru Samsung, Huawei, LG, Nokia, Motorola, Oneplus, Oppo dan lainnya juga bisa menggunakan Android 12.

Bocoran Fitur Baru Android 12
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading