Ketika Apple, Facebook & Google Berambisi Gantikan Smartphone

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 February 2021 12:23
Microsoft Rilis Hololens 2 di Barcelona (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan smartphone sudah anjlok dalam dua tahun terakhir. Kini para raksasa teknologi sedang berlomba untuk membuat terobosan baru yang disebut bisa menggantikan smartphone.

Langkah ini pernah dilakukan Apple. Pada 2007 Apple meluncurkan iPhone. Apple tidak menemukan smartphone. Tetapi iPhone memperkenalkan cara baru berinteraksi dengan komputer. Cara itu kini sudah dianggap biasa sekarang, namun ketika itu iPhone adalah sebuah revolusioner.

Nah, teknologi baru yang dianggap akan bisa menggantikan smartphone adalah augmented reality (AR). Bentuk sederhananya seperti kacamata canggih milik Tony Stark Iron Man, yang bisa menghadirkan beberapa layanan dan aplikasi di depan mata pengguna dan terhubung dengan Jarvis, robot artificial intelligence atau kecerdasan buatan.


Berikut beberapa perusahaan teknologi yang sedang menggarap augmented reality (AR) yang disebut bisa gantikan smartphone, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (22/2/2021):

Apple

Menurut laporan Bloomberg News, Apple diperkirakan akan meluncurkan produk augmented reality paling cepat tahun depan. Apple tidak pernah mengkonfirmasi bahwa mereka mengerjakan headset, kacamata, atau komputer yang dikenakan di kepala, namuan apabila produk AR dirilis bisa menentukan nasib industri augmented reality.

"Apple memiliki track record mempopulerkan teknologi baru," ujar Mike Boland, analis dan oendiri ARtillery Intelligence.

Apple dikabarkan bekerja sama dengan TSMC, produsen prosesor untuk mengembangkan tampilan augmented reality jenis baru yang dicetak langsung di wafer atau lapisan dasar untuk chip.

Ambisi Perusahaan Teknologi 'Hilangkan' Smartphone
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading