Jeff Bezos-Bill Gates Beri Jutaan Dolar ke Pria Ini, Kenapa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 February 2021 15:08
foto : Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama startup Commonwealth Fusion Systems mungkin tak terlalu dikenal. Namun Ada nama-nama beken dalam jajaran investornya termasuk Jeff Bezos dan Bill Gates, orang terkaya di dunia. Apa keunikannya?

Commonwealth Fusion Systems didirikan salah satunya lulusan MIT bernama Brandon Sorbom, 34 tahun. CFS bertujuan mengkomersialisasikan, memadukan sumber energi bersih yang aman dan hampir tidak terbatas, yang dapat digunakan untuk memerangi perubahan iklim.

"Orang berpikir pandemi adalah hal buruk, namun jika kamu melihat proyeksi (dengan perubahan iklim) apa yang terjadi pada 2050, itu sangat menakutkan," kata Brandon Sorbom, dikutip CNBC International, Senin (15/2/2021).


Inti dari perusahaan ini adalah fusi nuklir yakni dua atom bertabrakan dan melebur menjadi satu. Proses ini akan menghasilkan energi, yang merupakan kekuatan matahari.

Menggunakan fusi nuklir terdapat banyak keuntungan. Misalnya sangat bersih, dengan banyak energi yang digunakan dengan membakar material berbahan karbon.

Selain itu juga fusi merupakan sumber daya tidak terbatas. Ada energi lain yang masuk dalam kelompok ini namun dengan kekurangannya masing-masing, sebagai contoh angin tergantung pada hembusan angin serta energi matahari bergantung akan sinar matahari.

Direktur Eksekutif Fusion Industry Association, Andrew Holland mengatakan jika fusi dapat digunakan untuk membangkit listrik dan panas.

"Artinya dapat memenuhi permintaan energi termasuk pembangkit listrik, isiĀ ulang baterai, membuat bahan bakar bersih, mendorong proses kimia atau penggunaan pada industri lainnya," kata Andrew.

Namun fusi juga menyimpan masalah yakni dapat merampas energi yang dibuat untuk mempertahankan reaksi. Hal ini tidak akan menyisakan energi untuk daya lain.

Selain itu harganya mahal untuk membangun mesin fusi terbesar. Terdapat 35 negara yang berkolaborasi di Perancis Selatan untuk membangun mesin yang diberi nama Iter atau diartikan sebagai jalan, harganya mencapai US$20 miliar.

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading