Nissan Bantah Bikin Mobil Listrik Apple, Apple Car Pupus?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 February 2021 14:32
FILE PHOTO: The Nissan logo is seen at the company's display area during the North American International Auto Show in Detroit, Michigan, U.S., January 10, 2017.  REUTERS/Mark Blinch/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen mobil asal Jepang, Nissan Motor Company mengatakan pihaknya tidak sedang berdiskusi dengan Apple untuk mengembangkan mobil listrik otonom bernama Apple Car.

Pernyataan ini merupakan bantahan dari pemberitaan Financial Times yang menyebut beberapa bulan lalu Apple dan Nissan sedang mendiskusikan rencana bikin mobil otonom namun tak ada kata sepakat dalam diskusi tersebut.

"Kami tidak dalam pembicaraan dengan Apple. Namun, Nissan selalu terbuka untuk menjajaki kolaborasi dan kemitraan untuk mempercepat transformasi industri," ujar Nissan seperti dikutip dari AFP, Senin (15/2/2021).


Sumber AFP membisikkan Nissan "tidak membutuhkan Apple untuk menjual" mobilnya.

"Kita Anda membuat produk dengan merek Apple, Anda memberikan jiwa - dan margin keuntungan - kepada Apple," ungkap sumber tersebut. "Kami tidak tertarik memberi yang terbaik kepada Apple. Kendaraan ini harus di bawah merek Nissan."

Sebelumnya Hyundai juga mengatakan tak sedang dalam tahap disuksi untuk membuat mobil listrik otonom Apple Car.

Ide pembuatan mobil otonom pertama kali diungkapkan CEO Apple Tim Cook pada 2016. Dia mengatakan sitem penggerak otonom sebagai "teknologi inti" untuk masa depan.

Pada 2019 Apple mendapat izin dari otoritas transportasi untuk mengujicobakan mobil tanpa sopir atau self-driving di negara bagian tersebut. Apple sendiri diisukan ingin memproduksi Apple Car pada 2024. Untuk menjalankan rencana ini mereka disebut telah berbicara dengan sejumlah produsen otomotif.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading