Bos Volkswagen Bicara Mobil Listrik Apple Car, Apa Katanya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 February 2021 13:03
FILE PHOTO: Mechanic staff work on the production line of Volkswagen e-Golf in the Glaeserne Manufaktur plant in Dresden, Germany May 8, 2018.  REUTERS/Matthias Rietschel/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana mobil listrik otonom Apple bernama Apple Car diprediksi jadi ancaman baru bagi pemain lama industri otomotif. Apa pendapat CEO Volkswagen Herbert Diess?

Ternyata Bos Volkswagen tak merasa terintimidasi dengan rencana Apple Car. "Industri mobil bukanlah tipikal sektor teknologi yang dapat Anda ambil alih dengan satu pukulan," ujar Herbert Diess seperti dikutip dari CNN International, Senin (15/2/2021). "Apple tidak bisa mengaturnya dalam semalam."

Rumor Apple Car sudah muncul pada beberapa tahun terakhir. Pada 2017 Apple mendapat izin dari Departemen Kendaraan Bermotor California (AS) untuk menguji kendaraan otonom di sana.


Pada 2020, Reuters melaporkan Apple pembicaraan tentang Apple Car dihidupkan kembali dan produksinya pada 2024, mengutip sumber anonim.

"Ada begitu banyak hal yang terjadi di [kendaraan listrik dan otonom] dan teknologi yang terhubung," tulis analis Morgan Stanley Desember 2020. "Ini mungkin waktu yang tepat bagi perusahaan paling berharga di dunia untuk berkecimpung di pasar mobilitas global senilai US$10 triliun."

Volkswagen juga berniat menjadi kekuatan dominan di mobil listrik. Perusahaan mobil asal Jerman ini menjual 231.600 kendaraan listrik baterai pada tahun 2020, menurut data perusahaan pada Januari 2021.

Meskipun angka itu kurang dari setengah jumlah penjualan Mobil Tesla di 2020, Penjualan itu mengalami peningkatan 214% dari tahun sebelumnya dan menunjukkan industri otomotif besar Jerman mulai menantang pemimpin dalam mobil listrik.

Itu sebabnya, ketika menghadapi persaingan dari Apple, "Kami tidak takut," kata Herbert Diess kepada surat kabar Jerman.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading