Kena Prank Apple Car! Investor Langsung Hukum Hyundai & Kia

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 February 2021 13:34
An employee sits in front of the logo of Hyundai Motor Co. at its dealership in Seoul, South Korea, October 22, 2015. REUTERS/Kim Hong-Ji

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham produsen mobil Hyundai Motor dan Kia Motor turun masing-masing 4,41% dan 12% usai mengeluarkan pernyataan tak sedang dalam pembicaraan untuk membuat mobil listrik otonom Apple bernama Apple Car.

Dalam keterbukaan informasinya ke Bursa Saham Korea Selatan, Kospi, Hyundai mengaku mendapat permintaan dari beberapa perusahaan untuk kerja sama dalam pengembangan bersama kendaraan listrik otonom tetapi belum ada yang diputuskan sejak awal.

"Hyundai motor tidak dalam pembicaraan dengan Apple tentang pengembangan kendaraan otonom," tulis Hyundai, melansir CNBC International, Senin (8/2/2021). Kia juga mengungkapkan hal yang sama.


Pada Januari lalu, sejumlah media melaporkan Apple hampir menyelesaikan kesepakatan dengan Hyundai-Kia untuk memproduksi Apple Car, mengutip sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Ketika itu Hyundai mengakui sedang dalam pembicaraan tahap awal dengan Apple tetapi kemudian pernyataan tersebut direvisi dengan menghapus nama Apple. Kabar ini menjadi pemicu reli harga saham Hyundai dan Kia Motor.

Menurut analis Daiwa Capital Market Yop Chung sejak 8 Januari 2021, investor telah membeli US$817 juta saham Hyundai Motor dan US$713 juta saham Kia Motor karena adanya rumor potensi kerja sama dengan Apple untuk bikin Apple Car.

"Mengikuti pengumuman keduanya (Hyundai dan Kia) soal tidak adanya kerja sama pembuatan mobil listrik dengan Apple, kasus terburuk menunjukkan saham Kia dapat terkoreksi hingga 31%," ungkap Yop Chung.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading