Pesaing WhatsApp Menurut Zuckerberg, Bukan Telegram & Signal

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
03 February 2021 10:49
Infografis: Mode Liburan Hingga 'Always Mute' Ini 5 Fitur WhatsApp Baru!

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Facebook Mark Zuckerberg ternyata tak menganggap Telegram atau Signal sebagai pesaing WhatsApp saat ini. Menurutnya ancaman terbesar WhatsApp saat ini adalah iMessage milik Apple.

Hal ini diungkapkan Mark Zuckerberg dalam paparan kinerja keuangan Facebook Group kuartal IV-2021, pekan lalu. Ia menuding kebijakan privasi baru Apple sebagai cara untuk menyokong layanan sendiri seperti iMessage.

"iMessage adalah kunci utama ekosistem mereka," ujar CEO Facebook Mark Zuckerberg seperti dikutip dari India Today, Rabu (3/2/2021). "iMessage sudah terpasang secara pre-install di iPhone dan mereka lebih suka dengan API dan izin mereka sendiri, itulah sebabnya iMessage adalah layanan perpesanan yang paling banyak digunakan di AS."


"Apple memiliki semua insentif menggunakan posisi platform dominan mereka untuk mengganggu aplikasi kami dan aplikasi belanja lainnya, yang secara teratur mereka lakukan sesuai dengan preferensi mereka sendiri. ini berdampak pada jutaan bisnis di seluruh dunia, termasuk dengan perusahaan iOS 14 yang akan datang."

Melalui kebijakan privasi baru Apple, Mark Zuckerberg menegaskan Apple sebagai salah satu pesaing terbesar WhatsApp. Meski begitu WhatsApp lebih unggul dari iMessage. Keunggulannya ada di fitur keamanan end-to-end encryption.

Fitur end-to-end encryption memberikan perlindungan yang bisa membaca pesan atau video hanya pengirim dan penerima pesan saja.

"Apple baru-baru ini merilis label khusus pada aplikasi pihak ketiga, yang sebagian besar berfokus pada metadata yang dikumpulkan oleh aplikasi daripada privasi dan keamanan pesan, tetapi iMessage menyimpan cadangan terenkripsi non-end-to-end dari pesan secara default di iCloud kecuali Anda menonaktifkannya," terang Mark Zuckerberg, dikutip Business Insider.

"Jadi, dalam hal hal yang paling penting, melindungi pesan orang, saya pikir WhatsApp jelas lebih unggul."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading