Modus Busuk Baru Tukang Tipu, DM Via Instagram

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 February 2021 15:57
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Instagram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi para pengguna Instagram perlu ekstra hati-hati. Para penipu sekarang punya modus baru yakni lewat Direct Messages atau DM Instagram.

Modus ini diperparah dengan mengatasnamakan Instagram. Pesan biasanya mengancam pengguna akunnya akan segera ditutup karena melanggar kebijakan. Selain itu pelaku juga menggunakan akun bercentang biru atau terverifikasi, hal ini pun didapatkan dengan melakukan peretasan pada akun tokoh publik.

"Berkaitan dengan hal ini Instagram hanya akan menggunakan email sebagai jalur utama dengan para pengguna," kata Instagram dalam keterangannya dikutip Rabu (10/2/2021).


Namun ternyata tak sampai di DM, pelaku juga melancarkan aksi penipuan lewat email. Pihak Instagram mengingatkan untuk berhati-hati jika menerima email mengatasnamakan platform itu atau Facebook.

Instagram juga mengingatkan pengguna untuk mengecek email serta melarang mengklik tautan link dalam email tersebut. Pihak platform menyebutkan ada sejumlah ciri email palsu tersebut.

Pertama adalah pada alamat email terdapat salah penulisan (typo) atau penambahan huruf serta angka. Contohnya adalah Instgram, Inst4gram, Instaram1, dan 1nstagram.

Selain itu juga alamat email tidak menggunakan domain perusahaan Instagram serta Facebook. Penipu biasanya memakai alamat dengan domain umum.

Di dalam pesan akan berisi ancaman akun akan segera dihapus karena terdeteksi melakukan pelanggaran. Isi email juga menyatakan akan diberikan lambang verifikasi.

"Perlu dicatat bahwa Instagram tidak pernah meminta pengguna melakukan konfirmasi akun untuk mendapatkan verifikasi dan tidak pernah meminta bayaran untuk proses verifikasi," kata Instagram.

Pada email juga terdapat tautan link. Isi email akan meminta pengguna untuk mengklik link tersebut, namun saat diikuti ternyata meminta memasukkan informasi pribadi seperti user name dan password.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading