Rilis Aturan Baru, Instagram Ogah Dipakai Sebar Video TikTok

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 February 2021 12:22
Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Instagram baru saja merilis panduan terbaru untuk para kreator. Aturan ini bertujuan untuk menghentikan pengguna mengunggah konten Tiktok di fitur Reels.

Sebelumnya memang banyak pengguna Instagram yang mengunggah konten Tiktok-nya di sana. Termasuk saat akhirnya Reels dirilis di AS enam bulan lalu.

Aturan tersebut yakni melakukan perubahan untuk algoritmanya. Pengguna akan mendapatkan rekomendasi yang berbeda pada fitur Reels.


Selain itu Instagram juga mengeluarkan praktik baru pada akun @creators untuk memberi tips kepada pengguna. Di sana platform memberikan tips membuat konten yang bisa dilihat dan dipromosikan.

Instagram merekomendasikan pengguna hanya mengunggah konten menggunakan musik yang ditemukan dalam library Instagram atau yang ditemukan di dalam Reels, dikutip The Verge, Rabu (10/2/2021).

Juru Bicara Instagram, Devi Narawssimhan mengatakan pihaknya mengembangkan dari fitur Explore serta Tab Reels. Setelah itu perusahaan berusaha melakukan personalisasi pengalaman penggunanya.

"Kami menjadi lebih baik menggunakan sinyal peringkat yang membantu kami memprediksi apakah orang mengangap Reels menyenangkan dan harus direkomendasikan," kata dia.

Dia mengatakan jika menurut hasil survey pengguna mengalami pengalaman kurang memuaskan pada Reels karena konten yang didaur ulang dari aplikasi lain. Jadi ini juga yang membuat perusahaan mulai mengurangi rekomendasi pada konten tersebut.

Sebelumnya bos Instagram, Adam Mosseri menyatakan kekalahan Reels dari Tiktok. Saat kemunculannya Reels memang disebut serupa dengan Tiktok terlebih dengan format yang diusung yakni video pendek.

Dia mengatakan jika belum puas dan masih memiliki jalan yang sangat panjang.Menurutnya Tiktok punya tools kreatif seperti filter dan efek. Itu membuat format baru yang belum ada di Instagram sebelumnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading